Jumat, 26 April 2024

Sedikitnya 62 Desa di Sampang Rawan Kekeringan Kemarau Tahun Ini

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan

Asroni Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sampang menyatakan, sedikitnya ada 62 desa, tersebar di 13 kecamatan, yang rawan kekeringan saat kemarau.

“Data desa yang rawan kekeringan ini hasil pendataan sementara yang dilakukan tim BPBD Pemkab Sampang di musim pancaroba saat ini,” kata Asroni dikutip Antara, Selasa (25/5/2021) malam.

Tim BPBD Kabupaten Sampang, kata dia, melakukan pendataan desa rawan kekeringan dan kekurangan air bersih saat kemarau itu berdasarkan data kekeringan di musim kemarau tahun lalu.

“Kemungkinan jumlahnya masih bisa berubah. Bertambah atau berkurang. Karena petugas kami sampai saat ini masih melakukan verifikasi data lebih lanjut (di lapangan,red),” katanya.

Pendataan jumlah desa rawan kekeringan akan menjadi acuan segala persiapan dan upaya oleh pemerintah kabupaten setempat untuk mengatasi kekeringan yang mungkin terjadi di musim kemarau nanti.

Sebagai salah satu bentuk antisipasi, BPBD Sampang telah melakukan koordinasi dengan instansi lintas sektor, baik Dinas Sosial, juga dengan Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Sampang.

Koordinasi itu terutama dilaksanakan untuk mempersiapkan pasokan air bersih ke desa-desa yang mungkin akan dilanda kekeringan dan kekurangan air bersih.

“Kami juga mulai berkoordinasi dengan para camat dan meminta aparat desa menyampaikan laporan tertulis tentang kondisi di desa mereka,” ujar Asroni.

Berdasarkan data BPBD Jatim, Kabupaten Sampang jadi wilayah paling banyak terdampak kekeringan di antara 23 kabupaten/kota lain yang rawan kekeringan.

Ada sebanyak 556 desa yang tersebar di 180 kecamatan di Jawa Timur yang terdata akan mengalami mengalami kekeringan kali ini. Sebanyak 199 desa di antaranya berpotensi tidak mendapatkan air sama sekali.

Selain Kabupaten Sampang, kabupaten lain yang biasa mengalami kekeringan saat kemarau di Jawa Timur antera lain Kabupaten Tuban, Ngawi, Pacitan, hingga Lamongan.(ant/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
26o
Kurs