Sabtu, 4 Desember 2021

Sejak Minggu Stok Darah di PMI Surabaya Mengkhawatirkan

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Pendonor darah di PMI Surabaya masih belum maksimal, sehingga stok persediaan darah juga menipis. Foto: totok suarasurabaya.net

Sejak Minggu (21/3/2021) stok persediaan darah di PMI Surabaya sampai Senin (22/3/2021) masih minim. Stok persediaan darah masih belum aman. Perolehan dari kegiatan donor darah tidak lebih dari 175 bags saja.

“Padahal setiap hari kebutuhan darah di PMI Surabaya di kisaran 300 hingga 500 bags. Separuhnya saja tidak sampai. Kondisi seperti ini tentu saja mengkhawatirkan bagi kami. Karena permintaan darah dari rumah sakit maupun masyarakat umum, setiap hari masih cukup tinggi,” terang Triksi Hendria Kasi Humas UDD PMI Surabaya, Senin (22/3/2021).

Pendonor, lanjut Triksi sampai Senin (22/3/2021) memang tidak sesuai dengan harapan. Jumlahnya tetap saja masih minim. Bahkan beberapa kali menghubungi instansi yang biasa menggelar kegiatan donor darah, sampai saat ini masih belum banyak melakukan kegiatan seperti pada saat sebelum masa pandemi Covid-19.

Jika pada hari biasa, sebelum pandemi Covid-19, PMI Surabaya mengumpulkan hingga 500 bags darah dan selalu ada stok, tapi saat pandemi Covid-19 perolehan darah menjadi jauh berkurang.

“Barangkali juga karena masyarakat saat ini lebih konsentrasi dengan kondisi pandemi, sehingga anggapan mereka yang dibutuhkan adalah plasma konvalesen. Padahal kebutuhan darah juga tetap sama. Dibutuhkan,” terang Triksi.

Oleh karena itu, Triksi mengingatkan bahwa kebutuhan darah di PMI Surabaya masih tetap perlu, dan berharap pada pendonor atau masyarakat yang sudah waktunya donor untuk mendonorkan darahnya.

“Pendonor yang memang sudah waktunya donor, silahkan hadir ke kantor PMI Surabaya,” kata Triksi.

Masyarakat atau pendonor darah tidak perlu merasa khawatir untuk langsung datang mendonorkan darahnya. “Karena bagaimanapun prosedur pemeriksaan sebelum donor tetap kami berlakukan kepada siapa saja yang akan mendonorkan darahnya. Masyarakat tidak perlu khawatir,” terang Triksi menegaskan.

Sementara itu, dr. Martono Adi Kabag Humas dan Pelayanan PMI Surabaya menambahkan bahwa untuk stok persediaan darah hingga Senin (22/3/2021) ini memang masih kosong. Dengan kata lain stok persediaan darah masih belum aman.

“Stok persediaan darah hingga hari ini memang masih belum aman. Sejak Minggu (21/3/2021) bahkan kami masih belum dapat melayani beberapa permintaan, karena stok memang sedang kosong. Karena itu kami imbau warga masyarakat agar segera mendonorkan darahnya. Juga pada para pendonor yang memang waktunya mendonorkan darah bisa segera ke PMI Surabaya,” kata dr. Martono.

Hingga Senin (22/3/2021) tambah dr. Martono untuk stok plasma konvalesen kondisinya memang masih aman. Stok mencukupi, karena pendonor memang terus bertambah jumlahnya dibanding dengan bulan-bulan sebelumnya.

“Stok plasma konvalesen masih aman. Pendonor cukup banyak dibanding dengan bulan-bulan sebelumnya,” pungkas dr. Martono.(tok/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Sabtu, 4 Desember 2021
29o
Kurs