Sabtu, 20 April 2024

Sepekan Terakhir, Tren Kenaikan Kasus Covid-19 Terdeteksi di 43 Kabupaten/Kota Jawa-Bali

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi, pasien Covid-19. Grafis: Bram suarasurabaya.net

Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi mengatakan, kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami penurunan sekitar 99 persen dibandingkan puncak gelombang kedua, Juli 2021.

Angka reproduksi Covid-19 di Tanah Air masih ada di bawah 1. Khusus di Pulau Jawa 0,93, dan di Bali 0,97.

Tapi, Luhut mengingatkan dalam sepekan terakhir terjadi peningkatan kasus di 43 kabupaten/kota, dari wilayah Jawa dan Bali.

Beberapa daerah yang mengalami kenaikan kasus antara lain Jakarta Utara, Jakarta Timur, Jakarta Barat, dan Jakarta Selatan.

“Saya sampaikan tren kasus di Jawa-Bali utamanya terjadi di 43 dari 128 kabupaten/kota atau 33,6 persen dalam 7 hari terakhir. Di Jakarta, utara, timur, barat, selatan, hampir semua trennya naik,” ujarnya dalam konferensi pers, di Jakarta, Senin (8/11/2021).

Terkait kenaikan kasus yang terjadi, Koordinator Penanganan Covid-19 Jawa dan Bali berencana mengumpulkan kepala daerah dari 43 kabupaten/kota dalam waktu dekat.

Kemudian, pemerintah akan melakukan intervensi supaya kasus infeksi Virus Corona bisa terus terkendali, dan tidak ada lonjakan yang signifikan.

“Kami akan segera kumpulkan 43 kepala daerah kabupaten/kota Jawa-Bali untuk melakukan intervensi demi kebaikan,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Luhut mengklaim secara umum tingkat kematian akibat Covid-19 menurun. Sehingga, jumlah pemakaman kembali normal seperti sebelum adanya wabah Virus Corona.

Data Kementerian Kesehatan per hari Minggu (7/11/2021), penambahan kasus kematian tercatat 11 kasus. Total ada sebanyak 143.545 kasus kematian akibat terinfeksi Covid-19.

Sementara penambahan kasus positif harian sebanyak 444, dan total Penduduk Indonesia yang terinfeksi sekitar 4,2 juta orang.(rid/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
27o
Kurs