Jumat, 19 April 2024

SPSI Jatim Klaim Hampir 20 Persen Pekerja Sudah Divaksinasi

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Pelaksanaan vaksinasi pekerja di PT. Integra Indocabinet Tbk, Sidoarjo, Sabtu (24/7/2021). Foto: kominfo.jatimprov.go.id

Serbuan vaksinasi bagi pekerja terus digalakkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur untuk mempercepat kekebalan kelompok (herd immunity) di Jawa Timur, khususnya bagi para pekerja di sektor padat karya.

Seperti Sabtu (24/7/2021) lalu, vaksinasi digelar di PT. Integra Indocabinet Tbk, Sidoarjo dan diikuti puluhan ribu bekerja selama empat hari. Sedangkan untuk Sabtu (31/7/2021) ini, vaksinasi pekerja digelar di PT. Wings Surya, Gresik yang ditargetkan diikuti tujuh ribuan pekerja.

Ahmad Fauzi Ketua DPD Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Jawa Timur mengklaim, saat ini hampir sekitar 20 persen pekerja di Jatim sudah melakukan vaksinasi.

“Seminggu yang lalu kita tempatkan vaksinasi di PT Integra Grup ada 10 ribu pekerja. Sabtu ini di Pabrik Mie Sedap ada 6 ribu pekerja. Minggu besok di Maspion. Prosentasenya belum bisa kami sebutkan berapa yang sudah divaksin, tapi kira-kira hampir 20 persen lah,” kata Ahmad Fauzi kepada Radio Suara Surabaya, Sabtu (31/7/2021).

Ia berharap agar jumlah stok vaksin terus bertambah agar lebih banyak pekerja yang menerima vaksinasi. Karena menurutnya, saat ini stok vaksin kiriman dari Kementerian Kesehatan masih terbatas.

“Masalah pertama, itu logistik supaya Pemerintah Pusat bersama Kemenkes segera menggelontorkan dan meningkatkan stok vaksin di Jatim dan Indonesia. Ini penting untuk pemerintah daerah bahu membahu agar stok vaksin tidak habis,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan RI memalui surat Nomor B.M/262/HM.02.00/VII/2021 tanggal 1 Juli 2021 Perihal Dukungan Vaksinasi Bagi Pekerja/Buruh, telah meminta dukungan vaksinasi kepada Menteri Kesehatan RI untuk memberikan prioritas vaksinasi kepada pekerja/buruh baik melalui vaksinasi program yang diusulkan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi maupun vaksinasi gotong royong yang diusulkan melalui Kamar Dagang dan Industri (Kadin).
Sejalan dengan hal tersebut, Pemprov Jatim melalui Disnakertrans Provinsi Jatim bekerja sama dengan Dinkes Provinsi Jatim dan instansi terkait melakukan pendataan bagi anggota SP/SB di Jawa Timur yang belum mendapatkan vaksinasi kata Kadisnakertrans Jatim Dr Himawan Estu Bagijo, Sabtu (24/7/2021).
Dari hasil pendataan pada Sabtu (24/7/2021) lalu, anggota SP/SB di Jawa Timur yang belum mendapatkan vaksinasi sejumlah 26.117 orang yang tersebar di 8 (delapan) Kabupaten/Kota di Jawa Timur, dengan rincian  Kota Surabaya 962 pekerja, Kab. Sidoarjo 18.327 pekerja, Kab/Kota Mojokerto 1.928 pekerja, Kab. Gresik 1.058 pekerja, Kab/Kota Pasuruan 7 pekerja, Kab. Bondowoso 35 pekerja, Kab. Jember 334 pekerja, Kab. Lamongan 3.466 pekerja.(tin/ipg)
Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
26o
Kurs