Jumat, 25 Juni 2021

Stok Plasma Konvalesen dan Stok Darah di PMI Surabaya Sampai Lebaran Tercukupi

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Layanan donor plasma Konvalesen di PMI Surabaya masih dibuka untuk masyarakat dan penyintas Covid-19. Foto: Totok/dok. suarasurabaya.net

Banyaknya stok plasma Konvalesen dan stok persediaan darah yang ada di PMI Surabaya diperkirakan bakal tercukupi sampai dengan libur Lebaran tahun ini.

“Permintaan plasma Konvalesen menurun. Dibandingkan bulan sebelumnya permintaan masih tinggi. Dan stok plasma Konvalesen minim, karena pendonor khususnya penyintas Covid-19 belum banyak. Sekarang penyintas banyak mendonorkan plasma, dan permintaan turun, stok melimpah. Sampai libur Lebaran nanti stok plasma Konvalesen kami masih aman, ” terang dr. Martono Adi Kabag Pelayanan dan Humas PMI Surabaya, Sabtu (8/5/2021).

Banyaknya stok plasma Konvalesen saat ini di PMI Surabaya ternyata diimbangi dengan banyaknya stok persediaan darah yang terus bertambah. Bahkan sampai dengan libur Lebaran nanti, stok keduanya tercukupi.

Lewat kegiatan Donor Darah Ramadhan yang digelar sejak Selasa (7/5/2021) sampai Sabtu (8/5/2021) stok persediaan darah di PMI Surabaya tercukupi. Prediksi setiap hari akan hadir 1.000 pendonor memang terbukti di hari pertama kegiatan. Selanjutnya rata-rata lebih dari 300 pendonor datang ke PMI Surabaya mendonorkan darah.

Dengan banyaknya persediaan plasma Konvalesen dan stok darah, lanjut Martono patut disyukuri karena saat Ramadan biasanya pendonor darah mengalami penurunan. Tetapi saat ini justru stok yang ada cukup banyak dan diperkirakan cukup memenuhi kebutuhan masyarakat.

Namun demikian, tambah Martono pihaknya tetap melayani masyarakat yang akan donor darah maupun plasma Konvalesen. “Saat libur Lebaran kami tetap membuka layanan untuk donor, ” pungkas Martono.(tok/frh/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran di Tanjungsari

Kemacetan di Tol Waru arah Dupak

Gerhana Bulan Total di Waru

Surabaya
Jumat, 25 Juni 2021
30o
Kurs