Sabtu, 20 April 2024

Layanan Donor Digelar 24 Jam, Stok Darah di PMI Surabaya Masih Belum Normal

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Kegiatan donor darah saat ini masih minim digelar instansi, dan berdampak kosongnya stok darah di PMI Surabaya. Foto: Totok/dok. suarasurabaya.net

PMI Surabaya menggelar layanan donor darah 24 jam untuk menjaga ketersediaan darah di bulan Ramadan tahun ini. Meski sudah dibuka 24 jam namun stok persediaan darah masih belum normal.

Triksi Hendria Humas PMI Surabaya membenarkan bahwa sebagai satu di antara upaya menambah perolehan dan stok darah, PMI Surabaya gelar layanan donor darah 24 jam di kantor USD PMI Surabaya.

“Layanan donor darah 24 jam kami gelar di Unit Donor Darah (UDD) PMI Surabaya. Ini upaya kami menjaga dan memenuhi persediaan darah yang sejak beberapa waktu lalu memang menipis dan kosong. Terus kami upayakan stok darah terjaga,” terang Triksi Hendria, Kamis (29/4/2021).

Lebih lanjut, Triksi menjelaskan bahwa meskipun layanan donor darah digelar 24 jam, tapi hingga hari ini stok persediaan darah di PMI Surabaya masih belum normal. Masih tipis jumlahnya untuk ketersediaan darah.

“Kami juga membuka layanan donor darah di beberapa tempat seperti di Masjid Al-Akbar, dengan harapan mampu menambah stok persediaan darah yang ada. Tapi sampai hari ini stok belum normal. Perolehan darah masih minim,” tambah Triksi.

Saat ini, kata Triksi layanan permintaan darah masih belum sepenuhnya dapat dipenuhi. Selain karena stok yang menipis, setiap kali stok bertambah langsung habis didistribusikan kepada masyarakat mau pun rumah sakit yang membutuhkan.

“Sampai hari ini, stok kosong. Karena selain Ramadan pendonor jumlahnya menurun, stok langsung habis didistribusikan. Sehingga stok persediaan darah di PMI Surabaya kosong,” tegas Triksi.

Oleh karena itu, kepada masyarakat khususnya pendonor darah diharapkan segera mendonorkan darah untuk PMI Surabaya guna menjaga stok ketersediaan darah sekaligus untuk memenuhi permintaan.(tok/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
29o
Kurs