Selasa, 7 Desember 2021

Survei: 90 Persen Warga Kota Surabaya Ingin Kelonggaran Akses Saat Pandemi

Laporan oleh Denza Perdana
Bagikan
Peneliti Magister Manajemen (MM) Unair berfoto bersama Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya usai menyampaikan hasil surveinya di Balai Kota Surabaya, Sabtu (5/6/2021). Foto: Antara

Survei persepsi publik mahasiswa Magister Manajemen Universitas Airlangga menyebut sebanyak 90 persen warga Kota Surabaya menginginkan kelonggaran akses pada sebagian atau semua sektor saat pandemi.

“Meski pandemi Covid-19 masih belum berakhir, namun 90 persen warga ingin kelonggaran terkait akses pada sebagian atau semua sektor. Namun tetap kepatuhan terhadap protokol kesehatan menjadi elemen yang utama yang harus ditegakkan oleh pemerintah,” kata mahasiswa Achmad Zanwar A Magister Manajemen Unair saat menyampaikan hasil survei di Balai Kota Surabaya, dilansir Antara, Sabtu (5/6/2021).

Meski demikian, kata dia, kerja keras Eri Cahya Wali Kota dan Armuji Wakil Wali Kota Surabaya untuk menangani pandemi Covid-19 juga mendapat apresiasi dari masyarakat. Sebanyak 81 persen warga merasa puas terhadap penanganan pandemi Covid-19 yang dilakukan Pemkot Surabaya.

“Rekomendasi yang kami berikan adalah pemkot membuat peraturan yang konkret sebagai pedoman sektor-sektor ketika ingin membuka tempatnya,” ujarnya.

Penelitian ini dilakukan mahasiswa MM Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Angkatan 55/AP. Survei dilaksanakan pada 15-25 Mei 2021, dengan menggunakan metode multistage random sampling dengan 100 responden. Margin of error sebesar kurang lebih 9,8 persen dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Sementara itu, Eri Cahyadi mengucapkan terima kasih atas riset yang telah dilakukan mahasiswa MM Unair. Masukan-masukan dalam riset ini akan menjadi pertimbangan Pemkot Surabaya dalam pengambilan keputusan kebijakan.

“Harapan saya, masukan-masukan dan evaluasi ini tidak hanya berhenti disini saja, tapi bisa dilakukan secara berkelanjutan. Tujuannya agar saya dapat potret persepsi masyarakat dari berbagai pihak. Selain itu, kami juga akan melakukan kolaborasi, tidak hanya soal survei, tapi juga usaha konkrit untuk menyelesaikan masalah di Surabaya,” ujar Eri.

Menurutnya, survei yang dilakukan MM Unair ini sama persis seperti survei yang telah dilakukannya. Oleh karena itu, jika jika semua berkolaborasi semua permasalahan bisa diselesaikan. Apalagi Unair memiliki SDM yang hebat dibidang manajemen, bisnis dan lainnya.(ant/frh)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Selasa, 7 Desember 2021
25o
Kurs