Sabtu, 2 Maret 2024

Tak Hanya Indonesia, Arab Saudi Larang Semua Jamaah Asing Laksanakan Haji

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Jemaah haji melakukan tawaf, mengelilingi kabah, di Masjidil Haram dengan menjaga jarak pada ibadah haji tahun 2020 di Kota Mekah, Arab Saudi. Foto: Reuters/Saudi Ministry of Media

Di tahun kedua pandemi Covid-19, Arab Saudi melarang jamaah dari negara lain melaksanakan haji dan membatasi ibadah haji hanya untuk warga negara dan penduduknya.

Menurut laporan Saudi Press Agency (SPA) pada Sabtu (12/6/2021), Kementerian Haji Saudi menyatakan bahwa hanya orang-orang berusia antara 18 dan 65 tahun dan yang telah divaksin atau diimunisasi Covid-19, serta bebas dari penyakit kronis yang dapat melaksanakan ibadah haji,

Kementerian juga menetapkan batasan 60.000 jamaah yang bisa mengikuti haji tahun ini.

“Keputusan ini (dibuat) untuk menjamin keselamatan haji di tengah ketidakpastian virus corona,” kata Tawfiq al-Rabiah Menteri Kesehatan Kerajaan Arab Saudi dalam konferensi pers yang disiarkan televisi oleh SPA.

“Meskipun vaksin tersedia, ada ketidakpastian virus dan beberapa negara masih mencatat jumlah kasus Covid yang tinggi, tantangan lainnya adalah varian virus yang berbeda, maka muncul keputusan untuk membatasi haji,” tutur al-Rabiah seperti yang dilansir Antara.

Menteri al-Rabiah mengatakan hanya vaksin Covid yang disetujui dari Pfizer, Astrazeneca, Moderna, dan Johnson & Johnson yang akan berlaku untuk haji.(ant/tin)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Kecelakaan Truk Box dan Motor di Sukorejo Pasuruan

Tetap Nyoblos Meski TPSnya Banjir

Surabaya
Sabtu, 2 Maret 2024
26o
Kurs