Jumat, 26 April 2024

Terminal Intermoda Joyoboyo, Green Terminal Pertama Di Indonesia

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Lahan terminal dilengkapi area terbuka hijau yang cukup dengan adanya area lanskap yang bebas dari struktur bangunan. Fasad terminal, dikonsep green facade dengan membuat tanaman vertikal. Foto : Humas Pemkot

Gedung parkir dan Terminal Intermoda Joyoboyo (TIJ) telah diresmikan, Sabtu (1/5/2021), Didesain ramah lingkungan, Terminal Joyoboyo diklaim sebagai green terminal pertama di Indonesia. Irvan Wahyudrajad Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya mengatakan, konsep green building yang dirancang bertujuan untuk menjadikan terminal ramah lingkungan.

“Terminal Intermoda Joyoboyo saat ini sedang dalam proses mengikuti sertifikasi Silver dari Green Building Council Indonesia,” kata Irvan.

Berlabel green terminal,  inilah data dan fasilitas TIJ ikon baru kebanggaan Kota Surabaya.

Luas Bangunan
Gedung Parkir dan Terminal Intermoda Joyoboyo berdiri di atas lahan dengan luas sekitar 8669 meter persegi, dengan luas bangunan mencapai 34.624 meter persegi.

Parkir Luas
Kapasitas Parkir menampung sekitar 504 sepeda motor, 363 mobil pribadi, 100 sepeda angin, 8 bus pariwisata, 4 bus Suroboyo, 60 lyn, 9 taxi, dan drop – off mobil pribadi serta angkutan umum yang transit.

Fasilitas Lengkap
Area indoor TIJ, juga dilengkapi dengan pendingin ruangan atau air conditioner (AC). Gedung Parkir dan TIJ juga dilengkapi dengan 100 Kios, 1 Ruang Laktasi, 1 Musala, 1 Zona Taman Bermain Lalu Lintas, serta 1 Ruang Kontrol (Ruang Pantau CCTV).

Green Facade
Lahan terminal dilengkapi area terbuka hijau yang cukup dengan adanya area lanskap yang bebas dari struktur bangunan. Sedangkan fasad terminal, dikonsep dengan green facade dengan membuat tanaman vertikal untuk meningkatkan kualitas iklim mikro.

Berlabel green terminal, TIJ didesain ramah lingkungan, efisiensi dan konservasi energi juga dihasilkan dengan masuknya cahaya alami yang cukup dan penggunaan lampu hemat energi. Foto : Manda suarasurabaya.net

Hemat energi
Efisiensi dan konservasi energi juga dihasilkan dengan masuknya cahaya alami yang cukup. Hal itu dibantu pula dengan penggunaan lampu hemat energi dan fitur hemat energi pada lift dan escalator.

Daur Ulang Air
Pembangunan Gedung Parkir dan TIJ ini juga memperhatikan konservasi air. Yakni, dengan cara mendaur ulang air bekas pakai (gray water) untuk kembali dipergunakan menyiram tanaman dan flushing toilet.

Pilah Tiga Jenis Sampah
Untuk manajemen lingkungan bangunan, pembuangan sampah dibedakan menjadi tiga jenis. Sampah basah, sampah kering, dan sampah bekas limbah kimia. (man/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs