Selasa, 19 Maret 2024

Tiba di Banyuwangi, Kapal SAR Antasena Gabung Pencarian Kapal Selam KRI Nanggala-402

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
KRI Nanggala 402. Foto: wikipedia

KN SAR Antasena Kapal milik Basarnas yang tiba di Pelabuhan Tanjungwangi Banyuwangi sejak semalam, Kamis (22/4/2021), turut dilibatkan dalam proses operasi pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang kontak sejak Rabu (21/4/2021) pagi.

KN SAR Antasena tiba sekitar pukul 20.00 WIB.

“Jadi, malam ini memang benar KN SAR Antasena sudah bersandar di Pelabuhan Tanjungwangi, setelah bertolak dari Surabaya, sekitar pukul 10:30 WIB tadi siang,” kata Wahyu Setia Budi Koordinator Pos SAR Banyuwangi, Kamis malam dikonfirmasi Antara.

Ia menjelaskan bahwa KN SAR Antasena yang rencananya dilibatkan dalam proses pencarian kapal selam KRI Nanggala-402 buatan Jerman itu, tiba dengan kru kapal sekitar 13 orang.

“Mengenai apa yang harus dilakukan besok (Jumat, 23/4/2021) atau pergerakannya seperti apa, kami (Basarnas) masih menunggu petunjuk dan instruksi dari Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi,” kata Wahyu Setia Budi.

Achmad Riad Kapuspen TNI Mayor Jenderal TNI mengatakan bahwa saat ini TNI telah mengerahkan lima KRI dan satu helikopter yang melakukan operasi pencarian dengan kekuatan yang lebih dari 400 orang dalam proses pencarian kapal selam KRI Nanggala-402.

“Saat ini sudah ada lima KRI dan satu helikopter yang melakukan operasi pencarian dengan kekuatan yang lebih dari 400 orang kemudian juga KRI Rigel (933) saat ini juga sedang bergerak yang dulu pernah kami libatkan pada pencarian Sriwijaya Air,” katanya dalam konferensi pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Kamis.(ant/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 19 Maret 2024
32o
Kurs