Sabtu, 28 Mei 2022

Tim Indonesia Tangguh Siap Kibarkan Merah Putih di Istana Merdeka

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2021, Selasa (17/8/2021) pagi, siap bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, di Lapangan Istana Merdeka, Jakarta. Foto: Biro Pers Setpres

Tim Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2021 siap bertugas mengibarkan Bendera Merah Putih pada Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, di Lapangan Istana Merdeka, Jakarta, pagi hari ini, Selasa (17/8/2021).

Tim Indonesia Tangguh terdiri dari sejumlah Anggota Paskibraka yang beberapa hari lalu dikukuhkan Presiden mendapat kehormatan menjalankan tugas sebagai pengibar bendera pada upacara pagi ini.

Ardelia Muthia Zahwa Paskibraka Nasional 2021 perwakilan Provinsi Sumatera Utara, terpilih sebagai pembawa Bendera Merah Putih. Perempuan kelahiran Tebing Tinggi, 6 Desember 2004, sekarang tercatat sebagai siswi di SMA Harapan I, Kota Medan.

Lalu, tiga anggota lainnya dari Kelompok 8 yang bertugas mengibarkan bendera adalah Aditya Yogi Susanto selaku Komandan Kelompok 8 dari Provinsi Gorontalo, Dika Ambiya Rahman pembentang bendera dari Provinsi Jawa Barat, dan Ridho Hadfizar Armadhani sebagai pengerek bendera dari Provinsi Lampung.

Sementara itu, Kolonel Penerbang Putu Sucahyadi akan bertugas sebagai Komandan Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Perwira TNI AU kelahiran Denpasar, 9 Oktober 1977 lulusan Akademi Angkatan Udara Tahun 1999, terpilih dari delapan Perwira TNI-Polri yang masuk nominasi.

Sekarang, Kolonel Putu Sucahyadi tercatat sebagai Asisten Operasi Kosekhanudnas II Makassar.

Bertindak sebagai Komandan Kompi Paskibraka adalah Kapten Infanteri Suryadi Nataatmaja. Lulusan Akademi Militer tahun 2012 tersebut bertugas sebagai Danki Pandu Udara Denpandutaikam Brigif Para Raider 18/2 Kostrad.

Kemudian, Brigadir Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya mendapat tugas sebagai Perwira Upacara.

Jenderal bintang satu kelahiran Bangkalan, 10 November 1971, sekarang menjabat Kepala Staf Garnisun Tetap I/Jakarta. Brigjen TNI Helmy adalah lulusan Akademi Militer tahun 1993.

Pasukan Upacara Peringatan Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka, akan mulai melaksanakan tugasnya pukul 09.45 WIB.

Nanti sore, sekitar pukul 17.00 WIB, Anggota Paskibraka Nasional 2021 juga akan bertugas dalam Upacara Penurunan Bendera di Istana Merdeka.

Upacara Peringatan Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tahun ini masih berlangsung dengan peserta terbatas dan menerapkan protokol kesehatan ketat, karena pandemi Covid-19.

Selain Presiden, Ibu Negara, Wakil Presiden dan istri, pejabat negara yang hadir di Istana Merdeka juga cuma Ketua Lembaga Negara, Menteri Koordinator, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Agama, Sekretaris Kabinet, Panglima TNI dan Kapolri.(rid/iss/den)

Berita Terkait

Surabaya
Sabtu, 28 Mei 2022
27o
Kurs