Jumat, 26 April 2024

TNI AL Koarmada II Bersinergi Percepat Vaksinasi Bersama Masyarakat Bangkalan

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
TNI AL Koarmada II gelar vaksinasi bersama masyarakat Bangkalan, Rabu (29/9/2021). Foto: Istimewa

Dalam mendukung upaya pemerintah untuk tercapainya kekebalan kelompok (herd immunity) TNI AL Koarmada II gelar Serbuan Vaksinasi di wilayah Kabupaten Bangkalan, Pulau Madura,  Jawa Timur, Rabu (29/9/2021).

Wilayah Bangkalan merupakan bagian dari kawasan Aglomerasi (Kesatuan wilayah sejumlah daerah,) di Jatim, bersama dengan Surabaya, Sidoarjo, dan Gresik.

Yang mana pada saat ini TNI AL Koarmada II menjalin sinergitas yang erat dengan pemerintahan dari ke-4 Kabupaten/Kota di wilayah Aglomerasi tersebut.

Laksda TNI Dr. Iwan Isnurwanto,S.H.,M.A.P,M.Tr.(Han) Pangkoarmada II bersama RA Latief Amin Imron Bupati Bangkalan didampingi Kolonel Laut (P) Agus Haryanto Dansatgas Serbuan Vaksinasi Bangkalan meninjau langsung pelaksanaan Serbuan Vaksinasi di Stadion Gelora Bangkalan.

Serbuan Vaksinasi yang dilaksanakan terpusat di Stadion Gelora Bangkalan, namun juga tersebar di 22 Puskesmas di Kabupaten Bangkalan.

Adapun sebaran Puskesmas yang ada di Kabupaten Bangkalan adalah Puskesmas Banjar, Blega, Galis,Kokop, Kwanyar, Sepuluh, Tonggoh, Konang, Traggah, Modung, Kedundung, Sukolilo, Bangkalan, Geger, Kamal, Klampis, Arosbaya, Socah, Burneh, Tanah Merah, Tanjung Bumi dan Jeddih dilaksanakan selama dua hari sejak tanggal 29 – 30 September dengan target 30.000 dosis tervaksin kepada masyarakat Bangkalan.

Pangkoarmada II mengatakan bahwa kegiatan Serbuan Vaksinasi adalah perintah langsung dari Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., Kepala Staf Angkatan Laut.

Perintah tersebut wajib dilaksanakan di semua wilayah dari Sabang sampai Merauke guna mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19, demi percepatan pemulihan ekonomi nasional.

“TNI AL dalam membantu pemerintah menanggulangi Covid-19 telah melaksanakan secara konsisten program Prioritas Penanggulangan Covid-19. Yakni Serbuan Vaksinasi kepada masyarakat maritim, menyediakan ruang tambahan perawatan baik di RSAL maupun memanfaatkan gedung yang ada, dukungan oksigen medis melalui Posko Bantuan Oksigen, serta sumbangan darah dengan melaksanakan donor darah konvalesen dan regular,” ungkap Pangkoarmada II .

Semua program Serbuan Vaksinasi dilaksanakan dengan mengerahkan seluruh sumber daya atau sarana prasarana yang dimiliki setiap jajaran TNI AL.

Khusus berkaitan dengan Serbuan Vaksinasi, Koarmada II selama ini telah menjalin kerjasama dengan sejumlah pemerintah Kabupaten/Kota untuk memberikan vaksinasi gratis tahap ke-1 maupun ke-2, kepada masyarakat di pulau-pulau terpencil, daerah pesisir, dan perkotaaan.

Seperti Pulau Sepaken, Pulau Bawean, Kabupaten Lamongan, Bangkalan, kemudian Kota Surabaya dan Malang Raya. Dilanjutkan dengan Kabupaten Tegal, Trenggalek, dan Kediri.(wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
30o
Kurs