Kamis, 9 Mei 2024

Travis Scott Buka Suara Soal Tragedi di Konsernya

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Travis Scott tampil pada hari pertama Festival Musik Astroworld di NRG Park pada Jumat, 5 November 2021, di Houston, Amerika Serikat.. Foto: AP/Amy Harris

Penyanyi rapper Travis Scott buka suara setelah delapan penonton tewas dan ratusan lainnya terluka dalam kericuhan pembukaan festival musik Astroworld di Houston, Amerika Serikat pada Jumat malam (5/11/2021) waktu setempat.

“Saya benar-benar merasa hancur dengan apa yang terjadi tadi malam. Doa saya untuk keluarga dan semua yang terkena dampak dari apa yang terjadi di Festival Astroworld,” tulis rapper berusia 29 tahun itu melalui akun Twitter-nya.

Scott melanjutkan, pihaknya berkomitmen untuk memberi dukungan penuh atas penyelidikan yang tengah berlangsung Departemen Kepolisian Houston serta memberi dukungan atas pemulihan keluarga korban.

Mengutip laporan ET yang dilansir Antara, sebelumnya Sam Pena Kepala Departemen Pemadam Kebakaran Houston pada Jumat malam memberi konfirmasi dalam konferensi pers, mengenai tewasnya delapan penonton dalam festival Astroworld.

Pena mencatat, 300an penonton konser dirawat di rumah sakit, dengan belasan orang mengalami serangan jantung.

“Sekitar pukul 09.15 atau 21.15, massa mulai memadat ke arah depan panggung sehingga menimbulkan kepanikan dan menimbulkan korban luka-luka. Orang-orang mulai jatuh dan tidak sadarkan diri, dan itu menciptakan kepanikan tambahan. Orang-orang terluka,” kata Pena.

Kericuhan ini sekaligus menimbulkan gelombang kecaman terhadap Travis Scott, karena saat ratusan penonton jatuh di depannya, ia tetap melanjutkan konser. Scott tetap bernyanyi saat ambulans mondar-mandir saat konser.

Dalam sejumlah video yang beredar, penonton yang mengetahui ada penonton yang sekarat, memanggil-manggil nama Travis Scott. Juga terlihat penonton wanita hingga naik ke belakang panggung untuk meminta agar konser dihentikan.

Ia berteriak kepada kru “There’s someone died in there (Ada seseorang mati di sana)”. Menyusul seorang pria yang juga naik ke belakang panggung memanggil-manggil Travis Scott, meminta agar memperhatikan kericuhan yang sedang terjadi. Namun perkataan kedua penonton tersebut tidak digubris oleh para kru. Kejadian tersebut memicu amarah warganet dan mengecam Travis Scott yang terlihat acuh terhadap situasi yang terjadi.

Larry Satterwhite Asisten Kepala Eksekutif Polisi Houston menambahkan, tragedi itu diduga terjadi secara simultan.

“Tiba-tiba, kami mendapati beberapa orang terjatuh di tanah, mengalami serangan jantung atau episode medis. Jadi kami segera mulai melakukan CPR dan memindahkan orang saat itu juga. Saat itulah saya pergi dan bertemu dengan promotor dan LiveNation, dan mereka setuju untuk mengakhiri konser lebih awal demi keselamatan publik,” katanya.

Dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh festival musik di media sosial, pada akhirnya festival musik dibatalkan. Melalui Twitter, Kantor Manajemen Darurat Houston memberikan nomor darurat dan titik reunifikasi bagi siapa saja yang belum dapat menghubungi teman atau keluarga yang hadir di konser.

Festival Astroworld merupakan festival musik tahunan yang diselenggarakan oleh rapper Travis Scott. Festival pertama kali diluncurkan pada 2018 setelah Scott merilis album studio berjudul serupa.

Festival kembali diadakan pada 2019 dengan memperluas line-up, tak hanya artis hip hop tetapi juga penyanyi dari genre lain. Festival 2020 dibatalkan akibat pandemi Covid-19 dan hingga akhirnya kembali digelar pada tahun ini.(tin/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Kamis, 9 Mei 2024
26o
Kurs