Kamis, 24 Juni 2021

Untag Gelar Diklat Esport

Laporan oleh J. Totok Sumarno
Bagikan
Diklat dilaksanakan dengan Zoom bagi pembinaan penggemar E Sport. Foto: Humas Untag

Open Minded digelar sebagai tema pendidikan dan latihan (Diklat) angkatan muda oleh unit kegiatan mahasiswa E Sport Universitas 17 Agustus 1945 (Untag) Surabaya. Bagian dari pembinaan terhadap para mahasiswa dan masyarakat penggemar olahraga Esport.

Supangat, M.Kom, ITIL, COBIT Pembina UKM Esport Untag Surabaya menyampaikan beberapa materi terkait pengorganisasian, mulai dari pengertian organisasi, azas organisasi, unsur-unsur organisasi ditambah pengetahuan-pengetahuan lainnya.

Sebagai wadah, pengertian organisasi sendiri merupakan tempat di mana sekelompok manusia melakukan kerjasama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Hal itu tentunya telah dirumuskan dalam bentuk struktur organisasi.

Supangat mengatakan dalam menjalankan sebuah organisasi terdapat aspek-aspek penting, diantaranya adanya kelompok orang yang saling bekerja sama, tujuan organisasi, pengelompokan tugas yang harus dikerjakan oleh anggota organisasi, tata tertib, wewenang serta tanggung jawab.

‘”Ada aspek-aspek penting yang teman-teman perlu perhatikan dalam berorganisasi, seperti kerjasama antar anggota satu dengan yang lain demi tercapainya tujuan organisasi itu sendiri. Setiap departemen atau divisi harus memahami tugas dan tanggungjawabnya masing-masing,” terang Supangat, Kamis (25/3/3021).

Tidak hanya itu, Dosen Teknik Informatika tersebut juga menambahkan bahwa koordinasi merupakan hal yang sangat penting dilakukan antar anggota organisasi. Tanpa kerja sama dan koordinasi yang solid, maka mustahil sebuah organisasi mampu berkembang dan mencapai tujuannya.

‘”Koordinasi juga sangat penting, terutama untuk menghindari miscommunication. Dengan begitu tahap tahap ke depan untuk mengembangkan organisasi ini menjadi lebih jelas dan terarah. Jadi tidak akan terjadi tumpang tindih atau konflik yang justru menjadi hambatan,” tambah Supangat.

Sejumlah agenda lainnya, lanjut Supangat telah dipersiapkan termasuk diantaranya adalah kegiatan-kegiatan terkait E Sport dan berbagai kompetisi bagi mahasiswa serta masyarakat umum. “Tidak hanya untuk mahasiswa Untag saja, tetapi ke depan nanti memang akan diperuntukkan secara luas bagi masyarakat umum,” pungkas Supangat.

Ditanya kapan dimulai kegiatan-kegiatan itu, Supangat menegaskan bahwa secepatnya dirinya akan menyusun tim untuk merealisasikan rencananya tersebut. “Secepatnya akan kami bentuk tim untuk mewujudkan berbagai kegiatan-kegiatan dalam rangka pembinaan Esport. Karena Esport juga punya prospek yang bagus untuk anak muda,” tutup Supangat.(tok/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kebakaran di Tanjungsari

Kemacetan di Tol Waru arah Dupak

Gerhana Bulan Total di Waru

Surabaya
Kamis, 24 Juni 2021
27o
Kurs