Kamis, 25 April 2024

Usia Tepat untuk Anak Ikut Les Musik

Laporan oleh Manda Roosa
Bagikan
Mengenalkan musik sejak dini merangsang syaraf motorik anak. Foto : Totok Suarasurabaya.net

Sebagian orang tua melihat anak asik bernyanyi, atau bermain dengan bunyi-bunyian, kadang merasa bahwa sang anak mempunyai bakat di dunia musik. Lalu, kapan sebenarnya usia ideal atau waktu yang paling tepat untuk gabung ke les musik?

Di program Klinik Psikologi Suara Surabaya, Selasa (9/3/2021) bersama Kak Nunuk, panggilan akrab dari Nugroho Setiadi, Music Arranger, sekaligus Psikolog dari Universitas Indonesia, menjawabnya.

“Si Kecil dapat memulai les musik secara formal pada usia dini, yaitu 4 tahun. Pelajaran musik yang dimulai pada usia 4 tahun dapat meningkatkan kekuatan otak.  Contohnya bermain piano, saat jari jemarinya sudah lebih besar dan lebih siap untuk berkonsentrasi,” jelas Kak Nunuk.

Di usia ini keterampilan motorik anak juga terbangun, yakni motorik halus dan motorik kasar. Anak juga mulai paham, ketukan, ritme, dan skala.

“Yang paling penting adalah si kecil happy, akan apa yang dilakukannya. Pastikan pelajaran musik menjadi pelajaran menyenangkan bagi si Kecil,” katanya.

Orangtua juga jangan memaksa anak untuk menekuni bidang tertentu. “Mengarahkan boleh, memaksa jangan!” tegas Kak Nunuk.  Ia menjelaskan, semua anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan tidak selalu menurun dari kemampuan orangtuanya, bisa jadi dari lingkungan yang mempengaruhi.

“Bakat bisa muncul dalam bentuk apapun, tetapi hal tersebut perlu digali, jadi tugas orangtua untuk mengarahkan dan memfasilitasi, agar bakatnya mucul dan bersinar,” saran Kak Nunuk. (man/bid)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs