Kamis, 25 April 2024

Vaksin Merah Putih Harus Dipercepat Sebelum Ada Embargo

Laporan oleh Muchlis Fadjarudin
Bagikan
Petugas menunjukkan vial vaksin Covid-19 yang akan diberikan kepada pengurus masjid di Surabaya dan sekitarnya, Selasa (23/3/2021). Foto: Anton suarasurabaya.net

Sufmi Dasco Ahmad Wakil Ketua DPR RI meminta Pemerintah untuk segera mempercepat pengembangan dan produksi vaksin dalam negeri. Pasalnya, vaksin saat ini menjadi kebutuhan yang sangat mendesak dalam upaya melawan pandemi Covid-19.

Selain menjadi kebutuhan yang sangat mendesak, vaksin dalam negeri juga bisa menjadi solusi apabila embargo vaksin dilakukan oleh sejumlah negara, sebagaimana yang dikhawatirkan Budi Gunadi Sadikin Menteri Kesehatan.

“Pemerintah perlu segera mempercepat proses uji klinis dan produksi vaksin dalam negeri. Baik itu vaksin Merah Putih mau pun vaksin Nusantara. Jangan sampai kita menjadi korban embargo vaksin dan masyarakat menjadi korban,” tegas Dasco, Sabtu (27/3/2021).

Dia berharap, rangkaian proses uji klinis vaksin Merah Putih segera dipercepat dan vaksin Nusantara segera menyiapkan uji klinis tahap dua. Dengan demikian, Indonesia dapat terhindar dari ancaman kelangkaan vaksin.

“Mohon segera juga berkordinasi dengan rumah sakit yang telah memenuhi persyaratan untuk uji klinis tahap dua. Vaksin saat ini menjadi kebutuhan yang cukup mendesak,” kata dia.(faz/dfn)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
27o
Kurs