Senin, 29 April 2024

Waktu Tepat Melihat Gerhana Bulan Sebagian pada 19 November di Surabaya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Gerhana Bulan Sebagian. Foto: BMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan fenomena gerhana bulan sebagian akan terjadi di wilayah Indonesia pada Jumat (19/11/2021).

Daerah yang dapat mengamati proses gerhana sebagian dari bulan terbit hingga fase gerhana berakhir meliputi Papua, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Bali, sebagian besar Jawa bagian timur, dan sebagian Bangka Belitung bagian timur. Daerah yang hanya dapat mengamati fase gerhana penumbra dari sejak bulan terbit hingga gerhana berakhir meliputi Jawa bagian barat dan Sumatera.

Khusus untuk Kota Surabaya pada 19 November 2021, bulan akan terbit pada pukul 17.28.17, gerhana sebagian berakhir pada pukul 17.47.26, dan gerhana berakhir pukul 19.05.29.

Gerhana bulan adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Sedangkan gerhana bulan sebagian terjadi saat sebagian piringan Bulan masuk ke umbra (bayangan utama) Bumi. Akibatnya, saat puncak gerhana terjadi, Bulan akan terlihat berwarna gelap sedikit kemerahan di yang terkena umbra Bumi tersebut.

Pada tahun 2021 terjadi 4 (empat) kali gerhana, yaitu 2 (dua) kali gerhana Matahari dan 2 (dua) kali gerhana Bulan. Rinciannya adalah sebagai berikut :
1. Gerhana Bulan Total (GBT) 26 Mei 2021 yang dapat diamati dari Indonesia
2. Gerhana Matahari Cincin (GMC) 10 Juni 2021 yang tidak dapat diamati dari Indonesia
3. Gerhana Bulan Sebagian (GBS) 19 November 2021 yang dapat diamati dari Indonesia
4. Gerhana Matahari Sebagian (GMT) 4 Desember 2021 yang tidak dapat diamati dari Indonesia.(iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Senin, 29 April 2024
30o
Kurs