Sabtu, 20 April 2024

Wamenkes: Vaksinasi Booster Akan Dimulai pada 1 Januari 2022

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
vaksinasi-booster Foto Dokumen. Pelaksanaan vaksinasi booster terhadap tenaga medis di Surabaya menggunakan Vaksin Moderna beberapa waktu lalu. Foto: Dok suarasurabaya.net

Dante Saksono Harbuwono Wakil Menteri Kesehatan RI mengemukakan, vaksinasi booster Covid-19 atau dosis penguat kepada masyarakat umum dijadwalkan bergulir mulai 1 Januari 2022.

“Untuk vaksinasi booster dimulai 1 Januari 2022. Saat ini kita sedang susun beberapa strategi karena booster ini akan melipatgandakan kebutuhan belanja vaksin,” kata Dante Saksono Harbuwono di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (10/12/2021).

Dante mengatakan, ada dua strategi pemberian vaksinasi booster kepada masyarakat umum, yakni menyasar Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan yang akan diberikan secara gratis dan vaksinasi booster berbayar kepada masyarakat non-PBI.

Penyuntikan vaksinasi booster melibatkan fasilitas pelayanan kesehatan swasta, sementara pelibatan TNI-Polri sebagai vaksinator dilakukan di fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah untuk pemenuhan vaksin dosis dua.

​​​​​Dante mengatakan Kemenkes RI bersama akademisi sedang melakukan uji analisis statistik serosurvei.

“Serosurvei adalah cara untuk melihat jumlah antibodi pada seseorang yang telah terinfeksi Covid-19 atau sudah dapat vaksinasi. Itu akan terindentifikasi tingkat kekebalan di masyarakat,” katanya seperti yang dilansir Antara.

Ia menambahkan, hasil serosurvei akan menentukan kebijakan pemerintah lebih mendalam perihal petunjuk teknis dan pelaksanaan vaksinasi booster di masyarakat.(tin/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 20 April 2024
30o
Kurs