Sabtu, 29 Januari 2022

Dugaan Pemberian Booster Vaksin untuk Keluarga Pejabat di Jakarta

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Ilustrasi. Vaksin Moderna.

Ahmad Arif inisiator kanal laporan warga LaporCovid-19 mengatakan, beberapa hari lalu timnya mendapat informasi ada vaksinasi dosis ketiga atau booster untuk keluarga pejabat di wilayah DKI Jakarta.

Berdasarkan laporan yang dia terima, vaksinasi dosis ketiga untuk keluarga pejabat itu berlangsung di salah satu perkantoran swasta, di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan.

“Kami mendapat laporan adanya booster vaksin ketiga untuk keluarga pejabat dan aparat di salah satu perkantoran swasta di Jalan Sudirman Jakarta,” ujarnya di Jakarta, Sabtu (11/9/2021).

Walau pun tidak ada larangan atau ancaman sanksi, Arif menyayangkan adanya pihak-pihak di luar tenaga kesehatan atau tenaga medis yang melakukan vaksinasi dosis ketiga.

Karena masih banyak masyarakat yang belum mendapatkan dua kali suntikan Vaksin Covid-19 melalui program vaksinasi nasional mau pun vaksinasi gotong royong.

Sekadar informasi, pemerintah punya program vaksinasi booster khusus untuk tenaga medis/tenaga kesehatan yang berpotensi terinfeksi Virus Corona dalam menjalankan tugasnya.

Program booster vaksin Covid-19 untuk dua kelompok prioritas itu dilaksanakan mulai 14 Juli 2021, dengan target penerima 1,4 juta orang.

Per 8 September 2021, tercatat baru 741.907 tenaga kesehatan dan tenaga medis yang mendapat suntikan dosis ketiga dengan Vaksin Moderna.

Capaian itu baru sekitar 50,5 persen dari target penerima booster yang ditetapkan Kementerian Kesehatan.

Sebelumnya, Maxi Rein Rondonuwu Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan menyatakan, dia belum menjalankan program vaksinasi dosis ketiga untuk masyarakat umum.

Kemenkes, kata Dokter Maxi, sedang menyiapkan skema pelaksanaan vaksinasi booster untuk masyarakat umum pada 2022 mendatang.

Rencananya, peserta program vaksinasi dosis ketiga harus membayar sejumlah uang, kecuali buat masyarakat penerima bantuan iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.(rid/den)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Senja Penutup Tahun

Truk Derek Ringsek Setelah Tabrak Truk Gandeng Parkir

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Surabaya
Sabtu, 29 Januari 2022
25o
Kurs