Jumat, 3 Desember 2021

Waspada Hujan Lebat Disertai Angin Kencang dan Petir di Wilayah Indonesia dan Sekitar Jatim

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan pada Sabtu (23/10/2021) hujan lebat yang disertai angin kencang dan petir akan meliputi sejumlah wilayah di Indonesia termasuk, Jawa, Sumatera, dan Kalimantan.

Hujan dengan intensitas lebih ringan diprakirakan turun di bagian wilayah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sedangkan khusus wilayah Jawa Timur sendiri dan sekitarnya pada 23 Oktober 2021 di pagi hari diprakirakan cerah, berawan, dan hujan ringan hingga sedang.

Untuk siang hingga sore hari diprakirakan cerah, berawan, hujan ringan hingga sedang dan hujan lebat disertai petir.

Sedangkan dini hari diprakirakan cerah, berawan, berkabut, dan hujan ringan hingga sedang. Untuk suhu udara diprakirakan 14 – 35 °C dengan kelembapan udara 50 hingga 95 persen dan didominasi angin dari Tenggara dan Timur dengan kecepatan 05 – 30 km/jam.

Sesuai laporan yang diterima Suara Surabaya, terdapat peringatan dini untuk mewaspadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat selama tiga hari kedepan.

Di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya pada tanggal 23 – 25 Oktober 2021 sebagai berikut.

Prediksi peringatan dini wasapadai hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat selama tiga hari kedepan di wilayah Jawa Timur pada tanggal 23 – 25 Oktober 2021.
Foto: BMKG Juanda.

Pada 23 Oktober berpotensi di wilayah Kab. Malang pada siang hingga sore hari, selanjutnya 24 Oktober berpotensi di wilayaj Kab. Mojokerto pada siang hingga sore, sedangkan untuk 25 Oktober diprakirakan nihil potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Untuk prakiraan kondisi cuaca maritim wilayah perairan Jawa Timur pada 24 Oktober diprakirakan hujan dengan intensitas ringan terjadi di Perairan Masalembo, Perairan Bawean, dan Perairan Tuban – Lamongan.

Dengan kondisi angin didominasi arah angin dari Tenggara- Selatan, kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 15 knots (28 knots) dan S. Hindia Selatan Jatim sebesar 13 knots (24 km/jam).

Sedangankan untuk gelombang laut pada 24 Oktober 2021 diprakirakan di Selat Madura dengan ketinggian gelombang antara 0.2 – 1.0 m, di Laut Jawa bagian timur antara 0.5 – 1.3 m, sedangkan di S. Hindia selatan Jatim antara 2.3 – 4.5 m.(wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Jumat, 3 Desember 2021
29o
Kurs