Jumat, 3 Desember 2021

Hasil Analisis BMKG tentang Gempa di Malang Hari Ini

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Gempa bermagnitudo 5,3 getarkan Kabupaten Malang pada Jumat (22/10/2021). Foto: Twitter/infoBMKG

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan secara rinci mengenai gempa yang berada di 78 kilometer barat daya Kabupaten Malang pada Jumat (22/10/2021) sekitar pukul 09.21 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan, gempa bumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=5,1. Episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,81° LS; 112,49° BT atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 75 km arah Selatan Kota Kepanjen, Kabupaten Malang, Jawa Timur pada kedalaman 98 km.

Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia dengan mekanisme pergerakan naik atau thrust fault.

Guncangan gempa dirasakan masyarakat di daerah Blitar, Ponorogo, Malang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember hingga Trenggalek.

Kata Bambang Setiyo Prayitno, M.Si., Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut.

Hasil pemodelan juga menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami dan belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan.

“Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” ujarnya.

Masyarakat juga diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak benar.(tin/ipg)

Berita Terkait

Gempa Bermagnitudo 5,3 Getarkan Malang


Potret NetterSelengkapnya

Suasana Unjuk Rasa di Depan Taman Pelangi Surabaya

Suasana Unjuk Rasa Menuju Kantor Bupati Gresik

Suasana Unjuk Rasa Melewati Basra

Surabaya
Jumat, 3 Desember 2021
29o
Kurs