Minggu, 29 Mei 2022

Wisata Sungai Petekan, Tongkrongan di Jalan Tunjungan, dan Pertunjukan Seni Virtual Bakal Gerakkan Ekonomi Surabaya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Sungai Petekan. Foto: Istimewa

Penurunan kasus Covid-19 di Surabaya membuat pemerintah kota menyiapkan sejumlah program untuk menggerakkan ekonomi warga. Salah satunya, dalam waktu dekat ini Pemkot Surabaya akan melanjutkan kembali pengembangan tempat wisata dan juga event budaya bagi seniman di Kota Pahlawan.

“Kami akan membuat wisata Sungai Petekan sampai (mengaktifkan kembali) Jalan Tunjungan. Nantinya, di Jalan Tunjungan ini mulai depan Hotel Mojopahit sampai Siola tidak ada kendaraan bermotor yang boleh parkir,” ujar Eri Cahyadi Wali Kota Surabaya dalam program Wawasan Radio Suara Surabaya, Selasa (7/9/2021).

Banyaknya kafe yang mulai buka di sepanjang ruas jalan ikonik Kota Surabaya itu, kata Eri, bila dipadukan dengan karya seni bisa menjadi daya tarik wisata tersendiri. “Kan, sudah banyak kafe-kafe baru di Jalan Tunjungan, nanti kami desain pengunjung bisa makan di pedestrian. Teman-teman seniman mau main saxophone mau menampilkan kesenian di sana, silakan,” katanya.

Adapun untuk pertunjukan kesenian daerah, Pemerintah Kota Surabaya sedang berencana menggelar kembali pertunjukan virtual seperti yang sudah pernah diadakan. “Kami siap-siap memanaskan mesin pertunjukan seni secara virtual untuk seniman. Kami sudah menemui beberapa pengusaha untuk ikut main ludruk secara virtual. Saya juga akan bermain,” katanya.

“Tapi saya minta tolong. Ketika ekonomi bergerak, jangan ada euforia. Protokol kesehatan harus terus ditingkatkan. Kalau Covid naik lagi, ekonomi akan berhenti lagi,” kata Eri.(iss/den)

Berita Terkait

Surabaya
Minggu, 29 Mei 2022
27o
Kurs