Senin, 27 Juni 2022

Wisatawan Menyerbu Sentra Ikan Asap Kenjeran

Laporan oleh Anton Kusnanto
Bagikan
Wisatawan menyerbu sentra ikan asap setelah berwisata di kawasan pantai Kenjeran, Minggu (16/5/2021). Foto: Anton suarasurabaya.net

Pusat penjualan ikan asap di sepanjang kawasan wisata Kenjeran diserbu wisatawan lokal di puncak libur lebaran, Minggu (16/5/2021).

Terletak di antara Taman Surabaya dan Taman Hiburan Kenjeran, pasar ikan asap ini mudah dijangkau dan jadi jujugan untuk membeli oleh-oleh.

Di sepanjang jalan kawasan pantai Kenjeran ini banyak ditemui penjual ikan asap. Di pinggir jalan mereka menggelar berbagai jenis ikan segar yang sudah di asap.

Beberapa ikan asap yang mere tawarkan di antaranya Ikan Tenggiri, Manyung, Pari, Kakap, Baronang, dan sejumlah ikan lainnya.

Libur lebaran di tengah larangan mudik dan bepergian ke luar rayon membawa berkah bagi mereka. Karena masyarakat Surabaya banyak yang memilih tempat wisata lokal.

Fitri misalnya, penjual ikan asap ini mengaku mampu menjual ikan asap mencapai 50 kilogram sejak Sabtu (15/5/2021) kemarin. Minggu ini berharap bisa lebih dari kemarin.

Meski demikian, Fitri mengaku jumlah ini jauh lebih sedikit dibanding libur lebaran sebelum-sebelumnya, yang bisa mencapai 100 kilogram.

“Mungkin karena ada penyekatan dan larangan wisatawan dari luar kota untuk masuk ke Surabaya,” katanya.

Fitri mengaku sudah menjual ikan asap sejak 2013 ditemani suaminya. Dia yang melayani pembeli, suaminya yang bertugas mengasap ikan.

Sama halnya dengan Risal yang mengaku keuntungan berjualan ikan asap pada libur lebaran kali ini meningkat hingga 50 persen dari hari biasa.

“Yang paling banyak laku Ikan Tengiri dan Kakap,” ujarnya.

Pembeli mulai mendatangi pusat ikan asap ini sejak pagi. Biasanya, pembeli makin ramai setelah pukul 15.00 WIB sore, dan akan habis menjelang malam tiba.

Rata-rata, menurut pengakuan penjual ikan dan sejumlah pembeli di lokasi, mereka membeli ikan asap sesudah berwisata di kawasan pantai Kenjeran.

Winarti, pembeli asal Menganti, Gresik sengaja mampir di pusat ikan asap setelah berwisata menyewa perahu ke tengah laut Kenjeran di area Taman Bulak Surabaya.

Dia datang bersama keluarganya. Menurutnya, kelurganya paling suka menikmati kotokan Ikan Tengiri panggang yang dibeli dari pusat ikan asap itu.

Dia sering jadi pembeli ikan asap di situ. Menurutnya, harga ikan asap yang dijual di Kenjeran ini lebih murah dibandingkan di pasar.

“Satu tusuk ikan tenggiri asap cuma Rp5 ribu saja. Padahal, kalau di pasar, harganya bisa sampai Rp7-10 ribu. (ton/tin/den)

Berita Terkait

Surabaya
Senin, 27 Juni 2022
28o
Kurs