Senin, 6 Mei 2024

Y20 dan T20 Siap Laksanakan Engagement Groups G20 Indonesia

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU), Selasa (29/6/2021). Foto: Istimewa

Youth20 (Y20) Indonesia dan Think20 (T20) Indonesia siap melaksanakan kegiatan Engagement Groups G20 Indonesia.

Peluang tersebut diwujudkan melalui penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) hari ini, Selasa (29/6/2021) secara virtual oleh Gracia Paramitha Co-Founder Indonesian Youth Diplomacy (IYD) sebagai pihak pertama. Serta dari perwakilan T20 Indonesia, diwakili Dr. Philips J. Vermonte Direktur Eksekutif Centre for Strategic and International Studies (CSIS).

Pada tanggal 14 April 2021, tim IYD telah mengadakan rapat awal dengan tim CSIS Indonesia, dilanjutkan dengan diskusi White Paper yang disiapkan oleh para delegasi Indonesia untuk Y20 Italy Summit 2021.

Ada tiga tema yang disiapkan dalam Y20 Italy Summit 2021 yaitu Innovation, Digitalization, and Future of Work: Sustainability, Climate, and Energy; Inclusion and Equal Opportunities, yang digelar bulan Mei lalu.

Gracia Paramitha menyampaikan, kerjasama ini penting untuk menciptakan sinergi yang selaras dalam memperjuangkan usulan-usulan Engagement Groups ke dalam pertemuan G20 Leaders.

“Ini momen yang bersejarah, untuk pertama kalinya enggagement groups G20 di Indonesia melakukan MoU kerjasama dan harapannya ini bisa menjadi kolaborasi yang erat, serta kita bisa menjadi semacam pionir untuk memperkuat hubungan antar engagement groups, working groups, dan tim presidensi Indonesia. Dan MoU tidak hanya berhenti di saat Indonesia selesai menjadi Presidensi G20, tapi dapat terus bersinergi dan bekerjasama di tahun-tahun yang akan datang,” ungkap Gracia dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net.

Sementara itu, Philips J. Vermonte menyatakan perlunya persiapan dalam kegiatan G20 Indonesia.

“G20 adalah platfrom besar yang diikuti oleh negara-negara berekonomi besar, dan kepemimpinan Indonesia di G20 sangat penting. Dan hal itu adalah pekerjaan berat sehingga perlu kita bantu baik dari Y20, T20, dan engagements Groups lainnya,” tutur Philips.(dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
30o
Kurs