“Kami bekerja sama dengan jajaran TNI serta unsur pengamanan internal di Soetta, seperti Aviation Security di areal kargo,” ucap Bambang, seperti dikutip Antara, Senin (19/9/2022).

Ia mengatakan bahwa jadwal kedatangan jenazah Azyumardi Azra melalui Gateway Human Remains Terminal Kargo Bandara Soetta, Tangerang pada pukul 20.45 WIB.

“Jenazah Almarhum diterbangkan dari Kualalumpur (Malaysia) menggunakan maskapai Batik Air ID 6019 dan dijadwalkan tiba pukul 20.45 WIB,” katanya.

Dalam pengawalan dan pengamanan terhadap kedatangan almarhum Ketua Dewan Pers, serupa dengan penanganan sebelumnya, yaitu pada proses kedatangan almarhum Eril Khan Mumtaz, anak dari Ridwan Kamil Gubernur Jawa Barat.

“Alurnya hampir sama dengan saat kedatangan jenazah almarhum Eril Mumtaz.  Saat tiba langsung didata dan segera kembali diantar ke rumah duka,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya sudah menyiapkan alur dan cara bertindak untuk mencegah agar tidak mengganggu penerbangan reguler.

“Untuk tamu atau siapapun yang hadir pada saat kedatangan jenazah, kami masih menunggu datanya,” ujarnya.

Sebelumnya, Azyumardi mengembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia pada hari Minggu (18/9/2022) pukul 12.30 waktu setempat.

Diketahui, mantan Rektor UIN Jakarta itu berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9/2022) akibat gangguan kesehatan yang dialaminya saat kunjungan kerja ke Malaysia. (ant/des/ipg)