“Sudah koordinasi dengan TMP Kalibata dan rencananya besok pukul 09.00 pagi, terus inspektur upacaranya juga sudah dikoordinasi,” kata Vemi Nurbaini sekretaris Azyumardi di rumah duka Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten, seperti dikutip Antara Senin (19/9/2022).

Ia juga mengatakan, rencananya yang akan menjadi inspektur upacara pemakaman Azyumardi adalah Muhadjir Effendy Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). “Inspektur upacara direncanakan Menko PMK,” ucap Vemi.

Azyumardi Azra. Foto: Antara

Namun, sebelum dimakamkan, jenazah Azyumardi akan dishalatkan terlebih dahulu di Auditorium Harun Nasution UIN Jakarta, Selasa (20/9/2022) pukul 08.00 WIB. “Di auditorium Harun Nasution UIN jam 8 pagi,” tuturnya.

Sementara soal kepulangan jenazah Azyumardi, ia mengatakan akan diberangkatkan dari Kuala Lumpur, Malaysia, Senin pukul 20.45 waktu setempat.

“Informasi ter-update saat ini. Insya Allah bapak itu berangkat dari KL (Kuala Lumpur) pukul 20.45 menggunakan Batik Air. Jadi, Insya Allah tiba di Jakarta pukul 21.50 WIB di Bandara Soekarno Hatta,” kata Vemi.

Berikutnya, jenazah akan dibawa ke rumah duka di Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Banten.

“Rencananya jenazah akan disemayamkan di rumah duka. Proses pemakaman besok pagi. Demikian informasi terupdate. Kalaupun ada perubahan informasi akan saya sampaikan kepada rekan media,” ucap Vemi.

Sebelumnya, mantan Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta itu wafat di Rumah Sakit Serdang, Selanggor, Malaysia, Minggu pukul 12.30 waktu setempat.

Prof. Azyumardi Azra berpulang setelah sempat dirawat sejak Jumat (16/9) akibat gangguan kesehatan yang dialaminya saat melakukan kunjungan kerja ke Malaysia.

Azyumardi adalah cendekiawan muslim yang menorehkan banyak prestasi sebelum terpilih menjadi Ketua Dewan Pers periode 2022—2025. Ia baru saja dilantik memimpin Dewan Pers pada bulan Mei lalu.(ant/des/ipg)