Selasa, 18 Juni 2024

13 Juta Kendaraan Akan Melintasi Jawa Timur Selama Masa Mudik dan Balik 2022

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Gate Tol Kejapanan. Foto: Ika suarasurabaya.net

Kepolisian Daerah Jawa Timur akan menggelar Operasi Ketupat Semeru 2022 mulai tanggal 29 April sampai 9 Mei 2022.

Periode tersebut sesuai masa puncak arus mudik Ramadan 2022 diperkirakan terjadi tanggal 29 April-2 Mei dan arus balik pada 7-9 Mei.

Kombes Pol Latif Usman Dirlantas Polda Jawa Timur mengatakan, sekitar 13 juta kendaraan akan melintas di Jawa Timur selama arus mudik dan balik.

“Hitungan Litbang kami, mobilitas kendaraan sekitar 13 juta. Panjang jalan jalan kabupaten, provinsi, dan nasional di Jawa Timur itu 95 ribu kilometer. Saya yakin jalan di jatim bisa menampung,” kata Latif dalam Wawasan  Radio Suara Surabaya, Senin (11/4/2022).

Selama Operasi Ketupat Semeru 2022, Polda Jawa Timur menurunkan lebih dari 10 ribu personel yang akan disebar di 169 pos pengamanan dan 49 pos pelayanan.

“Ada beberapa inovasi yang akan kita lakukan untuk mewaspadai kecelakaan yang mengakibatkan fatalitas. Kita melakukan kegiatan represif edukatif. Siapa pun yang masuk Jawa Timur harus aman. Nanti kalau ada kendaraan yang membahayakan kami tandai dengan janur kuning. Ini bentuk kewaspadaan untuk pengguna jalan yang lain,” ujar Latif.

Latif lantas menyebutkan jalur-jalur yang harus diantisipasi pemudik karena berpeluang macet selama arus mudik dan balik. Jalur pantura Tuban – Banyuwangi, jalur alternatif Ngawi-Surabaya-Banyuwangi, jalur arteri Pacitan-Banyuwangi, jalur Tol Ngawi-Surabaya, Surabaya-Malang dan arah Gresik.

“Jalur-jalur itu favorit di Jawa Timur. Jalur yang perlu perhatian khusus itu di Pantura. Semoga sebelum tanggal 29 April Jembatan Balun sudah bisa dilewati. Kalau belum, akan ada pola-pola untuk kendaraan yang dari Tuban. Kendaraan yang dari Gresik juga sudah direkayasa,” tuturnya.

Ruas tol juga akan menjadi perhatian Polda Jatim karena diprediksi dipenuhi kendaraan pribadi. Terutama jalur Tol panjang seperti Tol Ngawi-Malang, Tol Manyar-Malang, dan Tol Ngawi-Probolinggo.

“Kami sudah mengantisipasi pergerakan kendaraan keluar masuk di 62 Gate Tol. Selain itu ada 23 rest area yang akan kami atur dua arah sehingga kemacetan dan kepadatan bisa diurai,” ujarnya.

Polda Jatim juga akan mengusulkan kepada pengelola jalan tol untuk meloloskan kendaraan kalau antrean kendaraan sudah mencapai 3 kilometer.(iss/rst)

Berita Terkait

..
Surabaya
Selasa, 18 Juni 2024
28o
Kurs