Kamis, 28 Maret 2024

Melanggar Lalu Lintas di Jawa Timur, Siap-Siap Dapat Janur Kuning

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Janur Kuning Ditlantas Polda Jatim. Foto: Humas Polda Jatim

Bagaimana jadinya jika pelanggar peraturan lalu lintas malah mendapatkan “cenderamata” janur kuning?

Ditlantas Polda Jatim kini telah menyiapkan sebuah inovasi khusus dalam menyambut pelaksanaan Operasi Ketupat Semeru 2022 mulai tanggal 29 April sampai 9 Mei 2022.

Polisi akan menyematkan janur kuning di kendaraan para pelanggar. Fungsinya untuk mengingatkan para pengendara atas tindakannya.

Janur tersebut juga sebagai tanda bahwa kendaraan telah terdeteksi Electronic Traffic Law Enforcemen (ETLE) karena melanggar peraturan yang ada.

Selanjutnya pengendara wajib membayarkan denda sesuai dengan pelanggaran yang telah dibuat.

Berdasarkan keterangan resmi Ditlantas Polda Jatim yang diterima Suara Surabaya pada, Minggu (10/4/2022), janur kuning tersebut bukan sekedar untuk menandai kendaraan pelanggar lalu lintas saja, akan tetapi juga memiliki sebuah filosofi.

“Jan artinya jannah (Surga), dan Nur artinya cahaya. Sedangkan kuning memiliki artian suci, yang artinya janur kuning ini memiliki makna dasar berupa suatu Cahaya dari Surga yang Suci. Aktualisasi pada bidang transportasi adalah suatu pedoman tertib berlalu lintas yang akan menghasilkan nilai positif atau manfaat untuk kita semua, yakni keselamatan dan keamanan berkendara,” tulis keterangan tersebut.

Maksud dan tujuan inovasi ini untuk emberikan edukasi kepada masyarakat akan petingnya keselamatan berlalu lintas hingga sampai tujuan.

Selain itu, juga sebagai bentuk kehadiran Polisi di tengah masyarakat yang sedang mudik, sebagai bentuk interaksi positif petugas dengan pemudik dalam hal tertib berlalulintas.

Pemudik yang melihat adanya pemasangan janur kuning pada kendaraan lain, juga bisa lebih waspada terhadap pengemudi kendaraan tersebut. Inovasi ini, juga bisa mengingatkan pemudik agar lebih waspada peduli terhadap keselamatan diri pribadi dan sesama pengguna jalan lainnya.(bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
26o
Kurs