Jumat, 19 April 2024

27 Ribu Orang Berkunjung ke Ragunan di Momen Libur Akhir Tahun

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Sejumlah pengunjung beristirahat di taman-taman yang ada di sekitar Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, Jakarta, Minggu (25/12/2022). Foto: Antara

Pihak pengelola Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, mengimbau seluruh masyarakat agar menggunakan transportasi umum untuk menuju ke Ragunan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023 guna mencegah terjadinya kemacetan lalu lintas.

“Kami pihak pengelola mengimbau dan mengharapkan masyarakat agar memakai transportasi umum. Kita ada busway, TransJakarta, angkutan yang aksesnya langsung ke Ragunan. Ini sangat berguna membantu mengurangi kemacetan lalu lintas,” tutur Wahyudi Bambang Staf Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (Humas) Taman Margasatwa Ragunan, di Jakarta, Minggu (25/12/2022) dikutip Antara.

Pada liburan Natal 2022 ini, menurut Bambang, meningkatnya jumlah kendaraan yang digunakan masyarakat menuju Ragunan, terutama mobil pribadi disebabkan oleh kondisi cuaca harian yang didominasi oleh hujan. Dengan demikian, kemacetan lalu lintas terjadi di sepanjang Jalan Harsono RM menuju Taman Margasatwa Ragunan.

Sejauh ini, Bambang mengatakan pihak Ragunan dibantu kepolisian terus berupaya mengurangi kemacetan lalu lintas menuju objek wisata tersebut di libur Natal dan menjelang Tahun Baru 2023 dengan melakukan rekayasa lalu lintas.

“Upaya kami yang maksimal adalah seperti terus dibantu kepolisian jika terjadi kemacetan. Biasanya, polisi akan melakukan rekayasa lalu lintas. Kan kita punya dua akses pintu masuk, yakni utara dan barat. Jadi, kalau salah satu sudah padat, nanti diarahkan ke pintu yang satunya lagi,” ucap Bambang.

Pada libur Natal tahun ini, per pukul 11.00 WIB, Bambang mengatakan telah ada sebanyak 27.882 pengunjung yang mengunjungi Ragunan. Ia lalu menyampaikan pula 27.882 pengunjung itu di antaranya membawa 2.810 kendaraan roda dua, 1.675 kendaraan roda empat, 56 bus, dan 61 sepeda.

Bambang memprediksi jumlah pengunjung akan terus meningkat, bahkan dapat mencapai lebih dari 50.000 pengunjung hingga Taman Margasatwa Ragunan ditutup pada pukul 16.00 WIB nanti.

“Diprediksikan bisa lebih dari 50 ribu pengunjung. Bahkan, nanti di Tahun Baru 2023 diprediksi menjadi puncaknya,” ucap dia.(ant/rum)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs