Jumat, 26 April 2024

29 Unit Bus Shalawat Masih Tersedia Layani Jemaah Tersisa di Mekkah

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Asep Subhana Kepala Seksi Transportasi Daerah Kerja Mekkah di Mekkah, Minggu (31/7/2022). Foto: Antara

Sebanyak 29 unit bus shalawat masih tersedia untuk memberikan layanan mengantar jemaah haji dari hotel ke Masjidil Haram, Mekkah.

“Total bus shalawat yang beroperasi sampai 30 Juli sebanyak 29 bus,” kata Asep Subhana Kepala Seksi Transportasi Daerah Kerja (Daker) Mekkah, Minggu (31/7/2022) di Mekkah.

Asep menjelaskan, wilayah yang masih ada jemaahnya sampai Sabtu (30/7/2022) yaitu rute Mahbas Jin yang terdapat sebanyak 1.595 jemaah, disediakan dua bus shalawat.

Sementara untuk rute Syisyah-Syieb Amir disiapkan enam bus shalawat yang melayani 2.121 jemaah yang tersisa. Sedangkan pada rute Raudhah-Syieb Amir disediakan enam bus shalawat yang masih melayani 1.929 jemaah.

Selanjutnya rute Jarwal-Syieb Amir masih disediakan sembilan bus untuk melayani 3.850 jemaah di sektor empat tersebut. Serta, enam bus yang disiapkan melayani 1.893 jemaah di rute Misfalah.

“Kita pantau sampai saat ini alhamdulillah tidak ada kendala karena mungkin jemaah sudah mau ke Madinah sehingga kurang bersemangat lagi ke Masjidil Haram,” ujar Asep.

Lebih lanjut dia mengatakan, seiring dengan keberangkatan jemaah haji ke Madinah, bus shalawat juga akan berkurang. Namun bus shalawat akan tetap beroperasi sampai 4 Agustus 2022, sampai jemaah haji terakhir diberangkatkan ke Madinah dari Mekkah.

“Sepanjang masih ada satu kloter (kelompok terbang), kita siapkan enam bus seperti pada awal kedatangan,” ujar Asep.

Hingga saat ini, lebih dari 50 persen jemaah haji sudah meninggalkan Mekkah, untuk gelombang pertama seluruhnya sudah kembali ke Tanah Air. Sementara sisanya diberangkatkan ke Madinah hingga 4 Agustus 2022. (ant/bil/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
29o
Kurs