Rabu, 24 April 2024

Anggota Keluarga Pemohon Visa Rumah Kedua Tak Perlu Jaminan Rp2 Miliar

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi - Visa dan Passport. Foto: Shutterstock

Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia menegaskan anggota keluarga warga negara asing pemohon pengajuan visa rumah kedua tidak perlu menyetorkan jaminan bukti kepemilikan dana sebesar Rp2 miliar.

“Pengikut (anggota keluarga) yang boleh turut mengajukan visa rumah kedua adalah suami/istri, anak dan orang tua dari pemohon bersangkutan,” kata Achmad Nur Saleh Subkoordinator Humas Ditjen Imigrasi Kemenkumham di Jakarta, seperti dilaporkan Antara, Selasa (1/11/2022).

Untuk syarat permohonan visa rumah kedua (second home visa) bagi pengikut ialah paspor kebangsaan yang sah dan masih berlaku paling singkat 36 bulan, pas foto berwarna terbaru ukuran 4×6 centimeter dengan latar belakang putih.

Berikutnya visa rumah kedua atau ITAS rumah kedua milik suami, istri, anak atau orang tua yang sah, dan masih berlaku. Terakhir, bukti memiliki hubungan keluarga dengan orang asing pemegang visa rumah kedua atau ITAS rumah kedua berupa akta perkawinan.

Selain itu, juga bisa menggunakan akta kelahiran atau kartu keluarga yang menyatakan bahwa orang asing tersebut adalah orang tua atau anak dari pemegang visa rumah kedua.

“Seluruh dokumen tersebut harus diterjemahkan dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah,” ujar Achmad.

Kemudian untuk biaya Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) visa rumah kedua bagi pengikut, yakni Rp2 juta sesuai ketentuan dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 2 Tahun 2022.(ant/iss/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs