Senin, 6 Mei 2024

Banjir Mulai Surut, Warga Desa Sitiarjo Malang Kembali ke Rumahnya

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Kondisi banjir di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Foto: Sulhandyono via WA SS

Kondisi banjir di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur pada Senin (17/10/2022) pukul 18.15 WIB, sudah mulai surut.

Hutomo Suryo Widodo warga setempat kepada Radio Suara Surabaya mengatakan, sejumlah warga juga sudah mulai kembali ke rumahnya.

“Hujan sudah mulai reda, air mulai turun. Tinggal banjir di Dukuh Rowotrate yang masih cukup tinggi, belum bisa dilewati,” kata dia.

Meski demikian, warga yang sudah pulang tetap waspada kalau hujan deras turun di daerah yang lebih tinggi sehingga sungai di desa itu meluap.

Pria yang merupakan pendeta Gereja Kristen Jawi Wetan (GKJW) setempat menyebutkan warga gereja yang awalnya berswadaya membantu korban banjir, mulai membagikan makanan dari dapur umum TNI.

Hutomo menjelaskan, banjir ini bukan yang pertama kalinya. Daerahnya pernah dilanda banjir bandang pada tahun 2013. Kemudian tahun 2016 juga terjadi banjir.

“Sabtu kemarin debit airnya agak besar. Minggu lebih besar. Air datang dari daerah Pancursari yang tempatnya lebih tinggi. Hujan lebat, ditambah air laut masih pasang jadi air hujan yang lewat sungai di Sitiharjo menggenang di pemukiman. Menunggu laut surut supaya bisa mengalir ke laut,” ujarnya.

Karena sudah beberapa kali banjir, warga sudah menyiapkan tempat untuk mengungsikan barang di rumah, juga tempat yang lebih tinggi untuk menyelamatkan diri.(iss/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
24o
Kurs