Senin, 6 Mei 2024

BPBD Upayakan Evakuasi Puluhan Pemilik Rumah yang Terkena Banjir di Desa Sitiarjo Malang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Banjir di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan, Senin (17/10/2022). Foto: Kiriman pendengar SS

Hujan dengan intensitas tinggi yang kembali mengguyur Kabupaten Malang pada Minggu (16/10/2022) malam, kembali mengakibatkan banjir di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan dengan ketinggian antara 50 hingga 150 cm.

Desa tersebut sebenarnya juga sempat dikabarkan terendam banjir, pada Sabtu (15/10/2022) sore, tapi berangsur surut pada hari itu juga.

Sadono Irawan Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Malang mengatakan banjir yang terjadi di wilayah Malang Selatan itu, tinggi airnya melebihi banjir pada Sabtu kemarin.

Akibatnya, sejumlah rumah di desa tersebut terendam banjir yang mengakibatkan para pemiliknya terjebak.

“Menindaklanjuti hal tersebut, 20 personel tim gabungan sudah digerakkan untuk membantu para korban yang terdampak banjir,” ujar Sadono saat dikonfirmasi Radio Suara Surabaya pada Senin (17/10/2022) pagi.

Sadono masih belum menyebutkan, berapa total rumah dan keluarga secara keseluruhan yang terjebak banjir akibat banjir tersebut. Namun, dari laporan yang diterima, ada setidaknya 20 keluarga yang akan dievakuasi.

“Ada 20 kepala keluarga di Dusun Krajan Kulon. Selain itu, Dusun Rowo Teratai juga didatangi banjir. Kami evakuasi di posko pengungsian.” ujarnya lagi.

Dia juga menjelaskan jika banjir di Desa Sitiarjo, selain disebabkan karena intensitas hujan yang tinggi faktor lain seperti pasang air laut yang tinggi juga mengakibatkan sejumlah rumah di desa tersebut terendam banjir.

Sadono mengatakan, pihaknya belum mendapatkan laporan mengenai tanggul yang jebol jadi penyebab banjir tersebut. (tik/bil/rst)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
28o
Kurs