Selasa, 5 Juli 2022

Basarnas Siap Antisipasi Semua Potensi Kedaruratan di Balapan MotoGp Mandalika

Laporan oleh Restu Indah
Bagikan
Heli Rescue Basarnas Terparkir di Helipad Medical Centre (19/3/2022) Foto : Dimas suarasurabaya.net

Dalam rangka menyukseskan event MotoGP Mandalika 2022, Basarnas menerjunkan tim siaga SAR khusus dan siap mengantisipasi semua potensi-potensi kedaruratan di lintasan maupun penonton di sisi tribun.

“Kami siap menyukseskan event nasional dan mendukung pengamanan SAR serta rescue untuk mengantisipasi semua potensi-potensi kedaruratan dari sisi pemain utama, penonton dan semua yang terlibat,” jelas Agus Hariono Direktur Kesiapsiagaan Basarnas kepada suarasurabaya.net di Mandalika.

Agus menyampaikan, dukungan pengamanan khusus ini bekerja sama dengan Dorna Sport, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat dan Rumah Sakit Daerah NTB serta Kementerian/Lembaga terkait.

“Pengamanan kita perkuat dengan dua unit helikopter dengan kualifikasi dan spesifikasi khusus untuk pencarian dan pertolongan yang sudah kita disiapkan di helipad dekat Medical Centre sejak World Superbike (WSBK ajang balap motor bergensi dunia) pada November 2021 lalu,” jelas Agus, Sabtu (19/3/2022)

Tidak cukup sampai disitu, selain semua tim dan armada yang sudah dipastikan lolos saat official test, Tim Basarnas juga telah siap siaga jika sewaktu-waktu diperlukan evakuasi medis via udara.

“Kami sudah melakukan simulasi bersama-sama dengan pihak penyelenggara. Hanya diperlukan waktu 11 sampai 12 menit evakuasi udara untuk sampai ke rumah sakit jika diperlukan,” paparnya.

Basarnas tidak hanya menjamin keamanan pebalap MotoGp di lintasan atau area bibir satu, tapi juga para penonton serta warga sekitar yang terlibat dan berada di kawasan sirkuit.

“Kita betul-betul siapkan personel tim dengan kualifikasi terbaik dengan kualifikasi heli rescue. Tim kami juga tergabung dalam Tim Marshall. Ada yang di flag marshall maupun radio man nya sehingga kalau terjadi kondisi kedaruratan, tim kami beserta tim medis siap untuk langsung melakukan evakuasi. Bahkan kalau sewaktu-waktu Dorna Sport menginstruksikan minta dilakukan evakuasi medis on the spot via udara. Kami siap. Mudah-mudahan jangan ya Pak. Tapi sudah kita siapkan,” jelasnya.

Penonton di tribun dan warga di kawasan pantai juga tidak perlu khawatir karena Tim Basarnas juga sudah menyiapkan tim khusus di beberapa titik. Secara khusus juga telah disiapkan pos di Pantai Kuta Mandalika dengan perangkat-perangkat pengamanan khsusus perairan.

“Intinya kita siap mendukung total pengamanan event MotoGp Mandalika untuk Merah Putih,” pungkas Agus. (tim suara surabaya)

Berita Terkait

Surabaya
Selasa, 5 Juli 2022
28o
Kurs