Kamis, 25 April 2024

Tak Hanya Kawasan Sirkuit, Pengamanan MotoGP Mandalika Juga Dilakukan di Tujuh Perbukitan

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Lokasi sirkuit jalan raya Mandalika (Mandalika Street Circuit) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Desa Kuta, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB). Foto: ITDC

Pengamanan penyelenggaraan MotoGP Mandalika tidak hanya berpusat di sirkuit saja, namun juga dilakukan di tujuh area perbukitan sekitar sirkuit.

Budi Marjoko Ajun Komisari Polisi Perwira Brimob Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) mengatakan setidaknya 47 personel diterjunkan selama 24 jam hingga hari terakhir MotoGP Mandalika Minggu (20/3/2022) besok.

“Aparat Brimob Polda NTB telah bersiaga sejak Selasa (15/3/2022) dan akan berlanjut hingga lomba MotoGP, Minggu (20/3/2022),” kata Budi Marjoko mengutip keterangan tertulis, Sabtu (19/3/2022).

Selain di Bukit Rangkap, Budi Marjoko menjelaskan, Brimob Polda NTB juga menempatkan pasukannya di enam perbukitan lain yang mengelilingi Sirkuit Mandalika, seperti Bukit Makam, Bukit Jokowi, Bukit Patar, Bukit Ketiung, Bukit 360, dan Bukit Seger.

Pasukan Brimob Polda NTB ini merupakan bagian dari pengamanan yang melibatkan sebanyak 3.427 personel gabungan dari TNI dan Polri. Mereka berasal dari Polda NTB, termasuk jajaran Kepolisian Resor (Polres), Komando Resor Militer, dan bantuan kendali operasi berupa personel dari Mabes Polri.

Budi mengimbau agar masyarakat yang menonton di sekitar bukit untuk tertib dan tidak melakukan hal yang dapat mengganggu dirinya serta merugikan kelancaran balapan.

“Saya mengimbau masyarakat yang ingin menonton di sekitar bukit agar tetap tertib, tidak membawa minuman keras, senjata tajam, dan cermin yang akan membahayakan pebalap di lintasan. Usahakan juga agar penonton tidak membawa payung karena jika diterbangkan angin akan mencelakakan pengguna dan warga lain,” imbuhnya.(tha/dfn/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
28o
Kurs