Jumat, 29 Maret 2024

Berkunjung ke Austria, Menhub dan Menteri PPN Jajaki Peluang Kereta Gantung di IKN

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Menhub dan Menteri PPN berkunjung ke kantor Doppelmayr Garaventa Group di Wolfurt, Austria untuk bertemu Thomas Pichler CEO Doppelmayr, serta melihat langsung sistem pembuatan dan pengelolaan kereta gantung, Kamis (2/9/2022). Foto: dephub.go.id

Budi Karya Sumadi Menteri Perhubungan (Menhub) bersama dengan Suarso Monoarfa Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas), melakukan kunjungan kerja ke Austria pada Kamis (1/9/2022), untuk menjajaki peluang kerja sama di sektor transportasi. Salah satunya yaitu pembangunan kereta gantung (ropeway/cable car) di Ibu Kota baru Negara (IKN).

Dalam kunjungan kerjanya ke Austria, Menhub dan Menteri PPN berkunjung ke kantor Doppelmayr Garaventa Group di Wolfurt, Austria untuk bertemu Thomas Pichler CEO Doppelmayr, serta melihat langsung sistem pembuatan dan pengelolaan kereta gantung.

Mengutip dephub.go.id, Jumat (2/9/2022), Doppelmayr Garaventa Group merupakan produsen kereta gantung internasional dan penggerak orang untuk area ski, transportasi perkotaan, taman hiburan, dan material handling system. Hingga tahun 2019, perusahaan ini telah melakukan lebih dari 15.000 instalasi di 96 negara.

Di IKN, kereta gantung akan berfungsi sebagai layanan transportasi untuk menghubungkan antara zona bisnis dan komersial dengan zona perumahan di IKN. Tidak hanya di IKN, kereta gantung juga dapat digunakan di sejumlah wilayah di Indonesia, untuk menghubungkan daerah yang berbukit atau sulit untuk dijangkau selain juga dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata.

Menhub mengatakan, kunjungan ini memberikan wawasan berharga tentang teknologi kereta gantung yang telah dikembangkan oleh Doppelmayr.

“Saya mengapresiasi leadership pak Menteri Bappenas dalam mempersiapkan IKN. Dan kita juga akan kembangkan kereta gantung sebagai salah satu transportasi ramah lingkungan utk melayani mobilitas dan pariwisata di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan di IKN,” ujar Menhub.

Pada kesempatan tersebut, Menhub juga mengundang pihak Doppelmayr dan sejumlah perusahaan di Austria untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan dan pengembangan sistem transportasi perkeretaapian di Indonesia, khususnya kereta gantung. Termasuk, melakukan kerja sama pengembangan SDM dalam teknologi kereta gantung, dengan melaksanakan program pertukaran SDM, maupun program-program lainnya. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
29o
Kurs