Sabtu, 27 April 2024

BMKG Juanda Prakirakan Hujan Sedang-Lebat di Sebagian Wilayah Jatim

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Ilustrasi Hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan hujan dengan intensitas hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sebagian besar wilayah Jawa Timur pada Sabtu (17/12/2022).

Berdasarkan keterangan resmi yang diterima suarasurabaya.net, Kab. Mojokerto, Gresik, Tuban, Nganjuk, Magetan, Trenggalek, Kab. Kediri, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Bondowoso, Situbondo, Pamekasan dan Sumenep diperkirakan hujan disertai petir dan angin kencang pada pagi hari.

Sementara untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kab. Madiun, Kota Madiun, Ngawi, Magetan, Ponorogo, Kab. Kediri, Kota Kediri, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan, Pamekasan, Sampang dan Sumenep diprediksi akan diguyur hujan pada siang sampai sore hari.

Suhu di udara di Jatim berkisar 15-34 derajat Celcius dengan kelembapan udara 55-100 persen. Arah angin dominan dari Barat Daya-Barat dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

BMKG Maritim Jawa Timur juga mengimbau masyarakat di wilayah pesisir untuk mewaspadai gelombang tinggi lebih dari 2,5 meter di beberapa perairan Indonesia, Sabtu (17/12/2022).

Selain itu, potensi cuaca yang terjadi hari ini di wilayah perairan Jawa Timur yakni diguyur hujan ringan hingga sedang.

Arah angin didominasi dari Barat – Barat Laut dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 17 knots (31 kilometer per jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 11 knot (20 kilometer per jam).

Kondisi angin tersebut berpeluang terjadinya gelombang tinggi setinggi 0,1-0,3 meter di perairan Selat Madura; Laut Jawa bagian timur antara 0,2-1,3 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 1,0-3,0 meter.

Sedangkan, gelombang dengan setinggi lebih dari 2,5 meter berpeluang terjadi di perairan Samudra Hindia selatan Jatim.(tik/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Sabtu, 27 April 2024
32o
Kurs