Jumat, 19 April 2024

BMKG Juanda: Wilayah Jatim Berpotensi Hujan Siang sampai Malam

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan lebat diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan beberapa wilayah Jawa Timur akan diguyur hujan pada Rabu (14/12/2022) siang sampai malam hari.

Berdasarkan keterangan yang diterima suarasurabaya.net, BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Di siang sampai sore harinya, wilayah Surabaya, Kab. Mojokerto, Nganjuk, Kab. Madiun, Ngawi, Batu, Kab. Probolinggo, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Pamekasan dan Sampang akan diguyur hujan. Sedangkan, malam harinya untuk wilayah Ngawi.

Suhu di udara di Jatim berkisar 14-34 derajat Celcius dengan kelembapan udara 50-100 persen. Arah angin dominan dari Barat-Barat Daya dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Jatim memprakirakan potensi cuaca yang terjadi di wilayah perairan Jawa Timur yakni diguyur hujan ringan hingga sedang.

Arah angin didominasi dari Timur Laut-Timur dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 8 knots (15 kilometer per jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 13 knot (24 kilometer per jam).

BMKG Maritim juga mencatat, gelombang setinggi 0.1-0.3 meter berpotensi terjadi di Selat Madura dan Laut Jawa bagian timur antara 0.1-0.5 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 1.0-2.3 meter.(tik/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
30o
Kurs