Kamis, 25 April 2024

BMKG Juanda: Waspada Hujan Intensitas Sedang Hingga Lebat di Jatim Hari Ini

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi Hujan. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai turunnya hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat, di beberapa wilayah Jatim, Kamis (24/11/2022) hari ini.

Dalam keterangan yang diterima suarasurabaya.net, pada pagi hari hujan berpotensi mengguyur wilayah Pacitan, Kabuaten Malang dan Situbondo.

Lalu pada siang hari hujan diperkirakan turun di wilayah Kota Mojokerto, Kabupaten Mojokerto, Gresik, Lamongan, Tuban, Bojonegoro, Jombang, Nganjuk, Kabupaten Madiun, Kota Madiun, Magetan, Ponorogo, Trenggalek, Tulungagung, Kabupaten Blitar, Kabupaten Kediri, Kota Kediri, Kabupaten Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Bangkalan dan Sumenep.

Kemudian pada malam hari di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Tuban, Bojonegoro, Ngawi, Pamekasan dan Sampang.

Suhu udara di Jatim akan berkisar pada 15 sampai 34 derajat celcius, sedangkan kelembapan udara 60 sampai 100 persen. Arah angin akan dominan berhembus dari arah Barat ke Barat Daya dengan kecepatan lima hingga 30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Tanjung Perak Surabaya mengeluarkan peringatan dini untuk mewaspadai gelombang tinggi lebih dari 2.5 m di Perairan Selatan dan Samudera Hindia selatan Jatim. Kondisi cuaca diseluruh wilayah perairan Jatim berpotensi turun hujan sedang hingga lebat.

Arah angin juga didominasi dari Barat – Barat Laut, dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 18 knot (33 km/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 10 knots (18 km/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2 hingga 0.3 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.3 sampai 1.8 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.5 hingga 2.8 meter. (gat/bil)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 25 April 2024
26o
Kurs