Kamis, 28 Maret 2024

BMKG: Waspada Hujan dan Gelombang Tinggi di Wilayah Jatim

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Ilustrasi. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda memprakirakan cuaca di sebagian besar wilayah Jawa Timur (Jatim) dilanda hujan pada Rabu (23/11/2022).

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat di kabupaten/kota Jatim untuk mewaspadai potensi hujan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang.

Pada pagi hari, untuk wilayah Trenggalek, Kab. Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Banyuwangi dan Sampang

Untuk siang dan sore hari, ada potensi hujan di wilayah Surabaya, Sidoarjo, Kota Mojokerto, Kab. Mojokerto, Nganjuk, Magetan, Ponorogo, Pacitan, Trenggalek, Kab. Malang, Kota Malang, Batu, Kab. Pasuruan, Kota Pasuruan, Kab. Probolinggo, Lumajang, Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi dan Pamekasan.

Di malam harinya ada wilayah Kab. Malang, Kab. Probolinggo, Kota Probolinggo, Lumajang, Jember, Situbondo dan Banyuwangi.

Suhu di udara di Jatim berkisar 15-33 derajat Celcius dengan kelembapan udara 60-100 persen. Arah angin dominan dari Barat Daya-Barat dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

BMKG Maritim juga meminta masyarakat yang beraktivitas di wilayah perairan untuk mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Perairan Selatan Jatim dan Samudra Hindia selatan Jatim.

Sementara untuk ketinggian gelombang laut di Selat Madura antara 0.2-0.3 meter dan Laut Jawa bagian timur antara 0.3-1.0 meter dan Samudra Hindia Selatan Jatim antara 2.3-3.5 meter.

Arah angin didominasi dari Barat Daya-Barat dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 13 knot (24 kilometer per jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 15 knots (28 kilometer per jam).(tik/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs