Kamis, 9 Februari 2023

BMKG Juanda Keluarkan Peringatan Dini untuk Beberapa Wilayah Jatim Hari Ini

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, cuaca hujan diserta petir dan angin. Foto: Grafis suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Juanda mengeluarkan peringatan dini cuaca beberapa wilayah Jawa Timur pada Sabtu (10/12/2022).

Berdasarkan keterangan yang diterima suarasurabaya.net, BMKG mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap potensi hujan sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang sesaat pada pagi hari di wilayah Kabupaten Gresik: Sangkapura dan sekitarnya.

Dapat meluas ke wilayah Kabupaten Pacitan: Kebonagung, Tulakan, Ngadirojo; Kabupaten Trenggalek: Durenan; Kabupaten Tulungagung: Campurdarat, Pakel, Tanggunggunung; Kabupaten Gresik: Tambak, dan sekitarnya.

Di siang sampai sore harinya, wilayah Kabupaten Mojokerto, Kabupaten Probolinggo, Lumajang dan Bondowoso akan diguyur hujan.

Suhu di udara di Jatim berkisar 15-34 derajat Celcius dengan kelembapan udara 55-100 persen. Arah angin dominan dari Tenggara-Timur dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Jatim mengimbau masyarakat di wilayah pesisir untuk mewaspadai gelombang tinggi lebih dari 2,5 meter di sejumlah perairan Jawa Timur.

Arah angin didominasi dari Tenggara-Barat dengan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur 15 knots (28 kilometer per jam) dan Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 17 knot (31 kilometer per jam).

Potensi cuaca yang terjadi di wilayah perairan Jawa Timur yakni diguyur hujan ringan hingga sedang.

BMKG Maritim juga mencatat, gelombang setinggi 0.2-0.3 meter berpotensi terjadi di Selat Madura dan gelombang tinggi di laut Samudra Hindia Selatan Jatim setinggi 1.3-2.8 meter.

Sedangkan, tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter berpotensi di perairan selatan Jatim dan Samudra Hindia selatan Jatim.(tik/ipg)

Berita Terkait