Selasa, 23 April 2024

BMKG Prakirakan Beberapa Wilayah Jatim Sore Ini Turun Hujan

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Ilustrasi, hujan disertai angin kencang. Grafis: suarasurabaya.net

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan beberapa wilayah di Jawa Timur (Jatim), pada Minggu (28/8/2022), berpotensi turun hujan dengan intensitas sedang sampai dengan lebat disertai petir.

Dari keterangan yang diterima suarasurabaya.net, hujan diprakirakan mengguyur sekitaran wilayah Kabupaten Lumajang pada siang sampai dengan sore hari. BMKG juga masih belum memberikan keterangan lebih lanjut, terkait wilayah mana saja yang juga berpotensi turun hujan.

Secara keseluruhan, suhu udara di Jatim, berkisar antara 15 sampai 34 derajat celcius, dengan kelembapan udara mencapa 50 sampai 95 persen. Selain itu, angin akan dominan berhembus dari Tenggara mengarah ke Timur dengan kecepatan lima sampai 40 kilometer per jam.

Sementara itu, BMKG Maritim Tanjung Perak memprakirakan cuaca perairan Jatim secara stabil akan berawan. Arah angin juga didominasi dari Timur ke Tenggara, dengan kecepatan maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 21 knots (39 kilometer/jam) dan Samudera Hindia selatan Jatim sebesar 17 knots (31 kilometer/jam).

Ketinggian gelombang laut di Selat Madura 0.2-1.0 meter, Laut Jawa bagian timur antara 0.5-2.0 meter dan Samudera Hindia Selatan Jatim antara 1.0-3.3 meter.

BMKG Tanjung Perak juga mengimbau agar warga yang punya aktivitas di perairan, untuk mewaspadai tinggi gelombang lebih dari 2.5 meter di Perairan Selatan Jatim dan Samudera Hindia selatan Jatim. (bil/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Selasa, 23 April 2024
29o
Kurs