Jumat, 19 April 2024

Brazil akan Beri Warga Ukraina Visa Sementara dan Izin Tinggal

Laporan oleh Agustina Suminar
Bagikan
Keturunan imigran Ukraina ambil bagian dalam demonstrasi mendukung Ukraina, di kota Prudentopolis, di negara bagian Parana, Brasil pada 24 Februari 2022. Foto: Reuters/Pilar Olivares

Pemerintah Brazil mengumumkan pada Kamis (3/3/2022) bahwa pihaknya akan memberikan visa sementara dan izin tinggal kepada warga Ukraina dan orang-orang tanpa kewarganegaraan yang terkena dampak invasi Rusia.

Sebelumnya pada Kamis (3/3/2022), Reuters melaporkan bahwa Brazil kebijakan tersebut akan segera ditandatangani.

Anatoliy Tkach perwakilan bisnis kedutaan Ukraina di Brasilia mengatakan sudah ada beberapa pertanyaan dari warga Ukraina yang tertarik untuk datang ke Brazil, meskipun ia mengakui jumlahnya kecil.

“Tidak banyak (orang), mereka biasanya anggota keluarga Ukraina yang sudah ada di sini,” katanya seperti yang dilansir Antara pada Jumat (4/3/2022).

Pada Senin, Presiden Brazil Jair Bolsonaro mengatakan dia akan mengizinkan warga Ukraina memasuki Brazil melalui visa kemanusiaan. Brazil telah mengadopsi tindakan serupa dengan imigran Haiti, pengungsi Suriah dan, baru-baru ini, warga Afghanistan.

Meskipun memperlihatkan sikap menyambut Ukraina, presiden itu telah berusaha untuk mempertahankan netralitas Brazil atas invasi Rusia ke Ukraina, seraya mengutip ketergantungan negaranya pada pupuk Rusia.(ant/tin/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
29o
Kurs