Jumat, 3 Februari 2023

Calon Haji Meninggal di Tanah Suci Bertambah Jadi Enam Orang

Laporan oleh Billy Patoppoi
Bagikan
Pemakaman Baqi di Kota Madinah, Arab Saudi. Foto: Kemenag

Calon haji Indonesia yang meninggal dunia di Tanah Suci bertambah menjadi enam orang setelah seorang anggota jamaah dari daerah Embarkasi Solo meninggal dunia di Kota Madinah, Arab Saudi, pada Sabtu (18/6/2022).

Menurut tenaga kesehatan haji Indonesia, calon haji dari daerah Embarkasi Solo yang bernama Purnomo bin Sukaryo (61) meninggal dunia karena penyakit kardiovaskuler.

“Penyebab kematian penyakit kardiovaskuler,” kata Dyah Listyorini Tenaga Kesehatan Haji Indonesia sebagaimana dikutip Antara dari Media Center Haji Kementerian Agama di Madinah, Minggu (19/6/2022).

Menurut dia, sebelum mengalami gangguan kesehatan Purnomo sempat sholat dhuha di Masjid Nabawi, lalu berziarah ke Makam Nabi Muhammad SAW.

“Ketika Purnomo akan pulang, sampai di depan pintu delapan, pasien minta istirahat untuk masuk di dalam masjid,” kata Dyah.

Dyah mengatakan bahwa Purnomo lantas tiba-tiba pingsan. Petugas kesehatan yang ada di lokasi kejadian langsung memberikan pertolongan pertama kepadanya.

“Dilakukan pertolongan pertama Resusitasi Jantung Paru (RJP), sementara teman yang lain menghubungi ketua rombongannya yang berprofesi sebagai dokter,” katanya.

Ia menuturkan bahwa saat dokter tiba di lokasi kejadian pasien dalam kondisi denyut nadi sudah tidak teraba, nafas terhenti, dan tidak responsif, tetapi upaya pacu jantung terus dilakukan.

Menurut dia, tim kesehatan kemudian meminta bantuan dari Rumah Sakit Al Shafiah, yang langsung mengirim tim untuk menjemput pasien.

Selama dalam perjalanan menuju ke rumah sakit, upaya pacu jantung terus dilakukan pada pasien.

Setelah tiba di rumah sakit pasien langsung mendapat penanganan medis. Namun, pasien tidak tertolong dan dinyatakan meninggal dunia pada Sabtu pukul 08.10 waktu Arab Saudi.

Sementara itu, Sarip Sahrul Samsudin Koordinator Humas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Solo di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Minggu pagi mengatakan bahwa calon haji dari daerah Embarkasi Solo yang meninggal di Kota Madinah berasal dari Kabupaten Sragen, Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Sarip, jenazah calon haji anggota kelompok terbang 15 Embarkasi Solo itu dimakamkan di Baqi, Kota Madinah.

Sebelumnya, Jumlah total calon haji Indonesia yang sudah tiba di Kota Madinah tercatat sebanyak 44.335 orang. (ant/bil/iss)

Berita Terkait