Senin, 6 Mei 2024

Calon Penumpang KA Jarak Jauh yang Telah Vaksin Kedua Tak Perlu Surat Negatif Covid-19

Laporan oleh Dhafintya Noorca
Bagikan
Penumpang saat akan naik Kereta Api Logawa, Selasa (2/5/2022) di Stasiun Surabaya Gubeng. Foto: Retha Yuniar suarasurabaya.net

Mulai tanggal 18 Mei 2022 calon penumpang kereta api (KA) Jarak Jauh yang telah mendapatkan vaksinasi dosis kedua (lengkap) atau ketiga (booster) tidak diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau Rapid Test Antigen pada saat proses boarding.

Luqman Arif Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya mengatakan, aturan tersebut menyesuaikan dengan terbitnya SE Kementerian Perhubungan Nomor 57 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Perkeretaapian pada Masa Pandemi Covid-19 tanggal 18 Mei 2022.

“KAI mendukung seluruh kebijakan pemerintah untuk perjalanan kereta api di masa pandemi Covid-19. Relaksasi protokol kesehatan tersebut diharapkan dapat menjadi titik balik kebangkitan moda transportasi kereta api dan turut berkontribusi untuk pemulihan ekonomi nasional,” ujarnya, Rabu (18/5/2022) dalam keterangan tertulis.

Luqman Arif menambahkan, syarat perjalanan menggunakan Kereta Api Jarak Jauh di antaranya tidak perlu menunjukkan hasil negatif Covid-19 apabila sudah mendapatkan vaksin kedua dan booster. Sementara untuk pelaku perjalanan yang baru divaksin dosis pertama wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam.

Bila calon penumpang tidak atau belum divaksin dengan alasan medis wajib menunjukkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah disertai hasil negatif Rapid Tes Antigen 1×24 jam atau tes RT-PCR 3×24 jam.

Kemudian untuk pelanggan usia di bawah 6 tahun tidak wajib vaksin dan tidak wajib menunjukkan hasil negatif Rapid Tes Antigen atau RT-PCR namun wajib ada pendamping yang memenuhi persyaratan perjalanan.

Sementara terkait syarat menggunakan masker pada moda transportasi publik, Luqman Arif menegaskan pelanggan tetap diwajibkan menggunakan masker selama dalam perjalanan kereta api dan saat berada di stasiun.(dfn/ipg)

Berita Terkait

..
Potret NetterSelengkapnya

Massa Hari Buruh Berkumpul di Frontage Ahmad Yani

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Surabaya
Senin, 6 Mei 2024
32o
Kurs