Kamis, 28 Maret 2024

Dari Polandia, Rombongan RI 1 Melanjutkan Perjalanan Menuju Ukraina Menumpang Kereta Api

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Joko Widodo Presiden RI dan Iriana Ibu Negara tiba di Bandara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia, Selasa (28/6/2022) waktu setempat. Foto: Biro Pers Setpres

Joko Widodo Presiden dan Ibu Iriana Ibu Negara beserta Delegasi Indonesia berangkat menuju Ukraina, di hari ketiga kunjungan kerja luar negeri, Selasa (28/6/2022).

Dari Munich, Jerman, rombongan RI 1 tiba di Bandara Internasional Rzeszow-Jasionka, Polandia yang berjarak sekitar 80 kilometer dari perbatasan Ukraina, pukul 11.50 waktu setempat.

Kehadiran Presiden bersama Ibu Negara disambut Rodoslaw Wiatr Wakil Gubernur Provinsi Rzeszow, Anita Luhulima Duta Besar RI untuk Polandia, dan Kolonel Adi Triadi Atase Pertahanan RI di Polandia.

Dari bandara, Jokowi dan rombongan menuju hotel tempat transit, lalu melanjutkan perjalanan menuju Kiev Ibu Kota Ukraina menumpang kereta api.

Perjalanan dari Polandia ke Kota Kiev diperkirakan makan waktu kurang lebih 12 jam.

Seperti diketahui, Presiden RI punya agenda kunjungan kerja ke Kota Kiev untuk bertemu Volodymyr Zelensky Presiden Ukraina.

Kemudian, Jokowi juga akan melawat ke Kota Moskow, Rusia, bertemu Vladimir Putin Presiden Rusia.

Dalam keterangan pers sebelum lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (26/6/2022), Jokowi bilang membawa misi perdamaian untuk mengatasi krisis akibat perang.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu berharap, pihak Rusia segera menghentikan serangan militer ke wilayah Ukraina, dan sama-sama mewujudkan perdamaian.

Sementara itu, Retno Marsudi Menteri Luar Negeri RI menyatakan, persiapan kunjungan Presiden dan Ibu Negara beserta rombongan terbatas ke Ukraina sudah sangat matang.

Tapi, pengaturan itu bersifat fleksibel, menyesuaikan dinamika yang terjadi di lapangan.

“Presiden akan meneruskan perjalanan ke Ukraina melalui Polandia. Saya juga melakukan komunikasi intensif dengan berbagai pihak dalam rangka kunjungan Bapak Presiden ke Ukraina dan ke Rusia. Tentunya komunikasi ini terus kami lakukan dengan Ukraina dan Rusia,” tegasnya dalam keterangan pers di Munich.(rid/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Kamis, 28 Maret 2024
27o
Kurs