Rabu, 24 April 2024

Di Tokyo, Jokowi Presiden Mendapat Sambutan Hangat dari PM Jepang

Laporan oleh Farid Kusuma
Bagikan
Jokowi Presiden mendapat sambutan hangat dari Kishida Fumio PM Jepang, Rabu (27/7/2022), di Tokyo. Foto: Biro Pers Setpres

Mengawali kunjungan kerja di Jepang, hari ini, Rabu (27/7/2022), Joko Widodo Presiden RI melakukan pertemuan dengan Kishida Fumio Perdana Menteri (PM) Jepang, di Kota Tokyo.

Kedatangan Presiden RI beserta delegasi Indonesia disambut PM Jepang yang sudah menunggu di halaman depan kantornya.

Kedua pemimpin negara lalu bersama-sama menuju Lobi Kantor PM Jepang, mengikuti upacara penyambutan resmi.

Begitu Jokowi Presiden dan PM Kishida berdiri di mimbar kehormatan, lagu kebangsaan Indonesia Raya dan Kimigayo berkumandang secara bergantian.

PM Kishida kemudian mempersilakan Jokowi Presiden untuk memeriksa barisan kehormatan, lalu memperkenalan delegasi masing-masing negara.

Selanjutnya, Jokowi dan Kishida beserta delegasi menuju ruang rapat untuk melakukan pertemuan bilateral.

Dalam sambutan pengantarnya, Kishida menyampaikan apresiasinya atas kedatangan Jokowi ke Jepang.

“Selamat datang di Jepang. Saya sangat mengapresiasi kedatangan Presiden Jokowi sebagai Ketua G20. Terima kasih juga atas sambutan hangatnya saat saya ke Indonesia akhir April lalu,” ucap Kishida.

Dia juga menyampaikan terima kasih atas ucapan belasungkawa Presiden serta masyarakat Indonesia sehubungan meninggalnya Shinzo Abe mantan Perdana Menteri Jepang.

“Kami akan terus membela demokrasi dan melanjutkan kerja almarhum untuk memperkuat hubungan baik dan kerja sama dengan Indonesia,” tegasnya.

Merespon sambutan hangat Pemerintah Jepang, Presiden RI juga menyampaikan terima kasih.

“Atas nama masyarakat Indonesia, sekali lagi saya menyampaikan rasa duka cita yang mendalam atas meninggalnya mantan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe. Beliau adalah pemimpin Jepang yang telah membawa hubungan kedua negara kita menjadi Kemitraan Strategis,” ucap Presiden RI.

Kemudian, Jokowi juga menyampaikan terima kasih atas dukungan Jepang buat Indonesia selaku Presidensi G20.

“Saya berharap PM Kishida hadir dalam KTT G20 nanti di Bali, di bulan November,” imbuhnya.

Sesudah pertemuan bilateral, kedua pemimpin negara berjalan menuju Big Hall, Kantor PM Jepang untuk memberikan pernyataan pers bersama.

Turut mendampingi Jokowi Presiden, antara lain Airlangga Hartarto Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Luhut Binsar Pandjaitan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, serta Retno Marsudi Menteri Luar Negeri.

Hadir juga Pratikno Menteri Sekretaris Negara, Erick Thohir Menteri BUMN, Bahlil Lahadalia Menteri Investasi/Kepala BKPM, dan Heri Akhmadi Duta Besar Indonesia untuk Jepang.(rid/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Rabu, 24 April 2024
29o
Kurs