Jumat, 26 April 2024

Erupsi Semeru, Pemkot Surabaya Segera Salurkan Bantuan dari Warga

Laporan oleh Meilita Elaine
Bagikan
Ilustrasi Posko Bantuan Erupsi Semeru

Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya segera menyalurkan bantuan dari warga untuk kebutuhan bencana erupsi Gunung Semeru, Lumajang. Proses pengumpulan itu hingga kini masih dilakukan.

Hidayat Syah Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Surabaya menyampaikan, posko penerimaan bantuan bencana terus dibuka dan ada di halaman Balai Kota Surabaya. Bantuan yang masuk rencananya akan didistribusikan ke lokasi pengungsian bencana erupsi Gunung Semeru.

“Posko bantuan bencana tetap dibuka seperti biasa. Silakan kalau ada yang mau memberikan bantuan,” kata Hidayat saat dikonfirmasi suarasurabaya.net, Senin (5/12/2022).

Selain merinci jenis barang-barang yang dibutuhkan, menurut Hidayat, bentuk bantuan yang disarankan berupa uang tunai agar memudahkan pengiriman, sekaligus tepat sasaran penggunaannya.

“Sembako, obat-obatan, popok bayi, pampers (popok sekali pakai), dan kami sarankan uang jadi nanti bisa belikan di sekitar sana biar cepat pengirimannya,” Hidayat merinci.

Belum bisa memastikan penyaluran bantuan itu, tetapi Hidayat mengaku, akan dilakukan secepatnya jika sudah terkumpul.

“Kalau sudah terkumpul, kami langsung kirim. Kami buka terus di posko bencana dilanjut dari bencana sebelumnya,” pungkasnya.

Diketahui, Gunung Semeru kembali erupsi yang disertai Awan Panas Guguran (APG) pada Minggu (4/12/2022) pukul 02.46 WIB dengan tinggi kolom abu teramati mencapai 1500 meter di atas puncak (± 5176 m di atas permukaan laut). Statusnya naik menjadi level IV (awas). Sebagai upaya mitigasi bencana, sebanyak 1.979 jiwa telah dievakuasi di 11 titik. (lta/rst)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 26 April 2024
31o
Kurs