Jumat, 19 April 2024

Facebook Hilangkan Beberapa Fitur dengan Pelacakan Lokasi

Laporan oleh Ika Suryani Syarief
Bagikan
Facebook. Foto: Pixabay

Facebook mengumumkan akan menghentikan beberapa fitur layanan mereka yang disertai dengan pelacakan lokasi karena ternyata setelah hadir jarang dimanfaatkan oleh para penggunanya.

Ada pun fitur- fitur di antaranya seperti “Nearby Friends”,”Weather Alerts”, “Location History”, dan “Background Location”.

Dikutip Antara dari The Verge, Selasa (10/5/2022), dalam pemberitahuan yang dikirim ke pengguna yang pernah menggunakan fitur ini sebelumnya, Facebook mengatakan akan berhenti mengumpulkan data yang terkait dengan fitur ini pada 31 Mei 2022 dan akan menghapus semua data yang tersimpan pada 1 Agustus 2022.

“Meskipun kami tidak lagi menggunakan beberapa fitur berbasis lokasi di Facebook karena penggunaan yang rendah, orang masih dapat menggunakan Layanan Lokasi untuk mengelola bagaimana informasi lokasi mereka dikumpulkan dan digunakan,” kata Emil Vazquez juru bicara  Facebook dalam sebuah pernyataan.

Hal itu tidak lantas membuat Facebook akan berhenti mengumpulkan data lokasi sama sekali.

Dalam catatan yang sama kepada para penggunanya Facebook mengatakan akan terus mengumpulkan informasi lokasi untuk pengalaman lain seperti menayangkan iklan yang relevan dan check-in lokasi sesuai dengan kebijakan datanya.

Anda dapat melihat, mengunduh, atau menghapus data lokasi apa pun yang disimpan platform dalam menu Pengaturan dan Privasi.

Jika tidak, Facebook akan secara otomatis menghapus semua data yang tersimpan terkait dengan layanan yang dihentikan pada 1 Agustus.

Bagi anda yang kini memiliki prioritas pada keamanan dan privasi, mungkin ini menjadi kabar baik karena pelacakan lokasi berpotensi pada kebocoran privasi terutama jika pusat data yang dimiliki aplikasi dibobol.(ant/iss)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Motor Tabrak Pikap di Jalur Mobil Suramadu

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 19 April 2024
32o
Kurs