Jumat, 29 Maret 2024

Geliat Vaksinasi Booster dan Swab Hunter di Surabaya Semakin Digencarkan

Laporan oleh Wildan Pratama
Bagikan
Warga Kelurahan Wonorejo RW 3 Kecamatan Tegalsari saat melangsungkan vaksinasi booster di halaman rumah Wien Sunarto, Selasa (19/7/2022). Foto: Wildan suarasurabaya.net

Pada Selasa (19/7/2022) hari ini sebanyak 106 warga Kelurahan Wonorejo RW 3 Kecamatan Tegalsari telah mengikuti vaksinasi booster jenis Pfizer.

Vaksinasi yang berlangsung di halaman rumah warga bernama Wien Sunarto itu dimulai sejak pukul 09.00-11.00 WIB.

Buyung Hidayah Rahmat Camat Tegalsari menyampaikan vaksinasi di wilayahnya diadakan di beberapa tempat, antara lain Balai RW, Balai RT dan rumah warga yang memiliki halaman luas.

“Vaksinasi hari ini ada yang diadakan di rumah warga, kebetulan halamannya luas dan berada di tengah kampung lokasinya. Kami mengadakan di rumah warga supaya vaksinasi booster lebih dekat dengan masyarakat,” kata Buyung, Selasa (19/7/2022).

Semakin gencarnya vaksinasi booster yang diadakan di setiap wilayah Kota Surabaya ini berlandaskan Surat Edaran (SE) Wali Kota Surabaya Nomor 443.2/12263/436.8.5/2022 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19.

Buyung melanjutkan, penempatan vaksinasi di rumah warga tersebut sebelumnya sudah ada kesepakatan antara pihak kecamatan dan pihak warga yang bersedia lahan rumahnya digunakan lokasi vaksinasi.

Berdasarkan pantauan suarasurabaya.net di rumah Wien Sunarto tidak hanya diikuti oleh warga Kelurahan Wonorejo saja namun juga bisa diikuti oleh warga di luar kampung tersebut.

Secara terpisah, Ridwan Mubarun Kepala BPBD Kota Surabaya menyampaikan dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 sesuai yang tertuang dalam SE Wali Kota. Pihaknya akan melaksanakan swab hunter yang dimulai kembali pada Sabtu besok (23/7/2022).

“Swab hunter yang diadakan pada hari Sabtu dilakukan oleh seluruh kecamatan. Sedangkan untuk swab hunter harian akan dilakukan oleh tiga pilar,” ujar Ridwan.

Tiga pilar itu antara lain, Kecamatan, Polsek, dan Koramil. Ridwan melanjutkan, rencananya swab hunter akan dilakukan sejak pukul 19.00-21.00 WIB. Sedangkan, untuk lokasi yang disasar adalah tempat keramaian dan yang menentukan adalah pihak kecamatan.

Swab hunter yang digencarkan oleh Pemkot yang bekerjasama dengan beberapa pihak ini bertujuan untuk memaksimalkan ketercapaian vaksin booster. Nantinya, masyarakat yang terjaring akan ditindaklanjuti tentang status booster di PeduliLindungi mereka.

“Swab hunter ini akan berlangsung hingga kondisi Covid-19 kembali melandai. Karena kemarin pada tanggal 15 Juli 2022 angka kasus positif di Surabaya cukup tinggi, sekitar 169 orang,” kata Ridwan.

Ridwan berharap dengan percepatan vaksinasi booster dan penerapan protokol kesehatan oleh masyarakat, kasus Covid-19 di Surabaya segera bisa kembali melandai.(wld/ipg)

Berita Terkait

Potret NetterSelengkapnya

Kecelakaan Mobil Porsche Seruduk Livina di Tol Porong

Mobil Tertimpa Pohon di Darmo Harapan

Pagi-Pagi Terjebak Macet di Simpang PBI

Surabaya
Jumat, 29 Maret 2024
25o
Kurs